Cara Menghadapi Dehidrasi saat Diare pada Ibu Hamil

Cara Menghadapi Dehidrasi saat Diare pada Ibu Hamil. Seperti yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya bahwa ibu hamil diare pada ibu hamil sangat berbahaya apalagi jika sampai dehidrasi. Oleh sebab itu berikut beberapa tips buat ibu hamil jika mengalami dehidrasi saat diare, diantaranya adalah :

1. Tingkatkan Asupan Cairan
Meskipun tinja yang keluar hanya sedikit, namun frekwensinya yang terus meningkat pada saat diare bisa menyebabkan ibu hamil rentan kekurangan cairan. Oleh sebab itu minumlah sebanyak 1-2 liter ( 8-16 gelas ) air dalam sehari baik itu berupa air putih, jus buah, kuah sayuran, kaldu, teh bening serta cairan lainnya. Sebaiknya hindari cairan pekat misalnya kopi, dan teh pekat karena bisa merangsang pelepasan asam lambung dan bisa meningkatkan cairan dari usus.
2. Hindari Perangsang
Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari makanan-makanan yang berlemak dan berbumbu sangat kuat. Selain itu hindari juga makanan pedas selama mengalami diare. Karena makanan pedas akan merangsang sel-sel usus mangeluarkan cairan dalam rongga usus yang bisa memperparah diare.
3. Diet Lunak
Selama ibu hamil mengalami diare sebaiknya konsumsi makanan yang lebih lunak terlebih dahulu. HIndari makanan dengan serat panjang contonya agar-agar dan jely, dan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang berserat pendek. Hal ini untuk memudahkan pencernaan makanan dalam tubuh. Untuk sementara konsumsilah roti panggang, cracker ringan, nasi tim dan daging hingga kondisi anda membaik.
4. Kurangi Produk Bebas Gula 
Sekitar 40-50 persen lebih masing-masing individu mengalami gangguan dalam mencerna makanan-makanan yang mengandung sorbitol dan monitol yang banyak terdapat pada makanan atau produk bebas gula. Oleh sebab itu kurangi konsumsi produk bebas gula yang berisi sorbitol dan monitol.
5. Kurangi Produk Susu
Sebaiknya hindari produk=produk susu selama masih diare. Disamping untuk meredakan diare yang terjadi akibat ketidakmampuan dalam mencerna susu, juga bisa membantu mengurangi pengeluaran cairan dari sel-sel usus.
6. Hati-Hati dalam Konsumsi Obat
Bagi ibu hamil disarankan tidak minum obat diare ataupun jamu-jamuan selain yang diberikan dokter. Karena apabila ibu hamil mengkonsumsi obat sembarangan bisa menimbulkan berbagai masalah pada kehamilan dan pasca persalinan pada ibu hamil dan bayinya. Dan sebaiknya segera periksa kedokter untuk mendapat perawatan yang diperlukan.
Semoga Bermanfaat…..@@@@@
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...