Manfaat Kursus Sejak Dini

Manfaat Kursus Sejak Dini. Benarkah kursus sejak dini bermanfaat ??? Dijaman sekarang ini sepertinya kursus kursus adalah sesuatu yang menjadi keharusan bagi balita. Jadi kalau ada balita yang tidak di kursuskan oleh orang tuanya rasanya jadi sesuatu yang aneh. Sebenarnya berbagai kursus yang pada umumnya diikuti anak-anak, memang sudah tersedia di sekolah TK, dan dijadikan sebagai kegiatan extra kurikuler. Makanya tak heran jika hampir semua anak mengikuti kursus tersebut. Karena kursus-kursus tersebut hampir semuanya mempunyai manfaat yang positif bagi perkembangan kemampuan anak.

 

Tentang perlu tidaknya balita diberikan kursus, itu tegantung pada kesiapan anak itu sendiri. Yang terpenting adalah jangan memaksa jika anak tidak mau melakukannya. Karena jika anak melakukan sesuatu dengan terpaksa maka akan memberikan dampak negatif bagi perkembangan jiwa anak. Usahakan sebelum mendaftarkan anak melakukan kursus, sebaiknya sebagai orang tua mengamati dahulu minat anak. Kalau sepertinya dia senang melakukannya, ikutkan dia kalau tidak jangan memaksanya. Fatalnya ada banyak kejadian, anak kursus karena orang tuanya yang mau, bukan dari minat anak itu sendiri. Akibat nya hal itu akan menjadi beban bagi anak serta akan muncul rasa depresi, yang ahirnya hanya akan membuang waktu dan biaya karena tidak ada motivasi untuk belajar.

 

Sebenarnya mengikuti berbagai kursus tidak lah salah, selama anak itu mempunyai minat dan memang bermanfaat untuk menunjang pelajaran disekolahnya. Soal usia tidak menjadi patokan, asalkan si anak tadi mengikuti kursus berdasarkan keinginan sendiri tanpa ada paksaan dari orang tua. Tak terkecuali anak-anak yang berusia dibawah lima tahun. Yang penting anak bisa menikmati dan merasa senang dengan kursus yang diikutinya, dan jika memang berbakat tentu akan ada manfaat yang dipoeroleh yaitu bisa mengembangkan potensinya akan semakin terarah dan terasah karena  anak tadi sudah belajar sejak dini. Adapun kursus-kursus yang disarankan adalah kursus yang sifatnya menyenangkan, ringan, namun bisa menggali potensi si anak. Contohnya seperti kursus-kursus berikut ini :

1. MENARI

Gerakan menari bisa melatih motorik kasar dan halus pada anak, contohnya gerakan kaki dan tangan. Selain itu gerakan yang dilakukan saat menari bersifat menghibur. Menari juga akan melatih anak untuk lebih percaya diri. Jika kursus diikuti sejak dini akan bermanfaat untuk mengetahui potensi dan minat anak sejak dini.

2. KOMPUTER

Mengikuti kursus komputer sejak dini untuk saat ini memjadi hal yang sangat penting. Agar anak tidak gaptek ( gagap tehnologi ). Yang perlu dilakukan orang tua adalah mengenalkan dahulu tentang komputer dan bagaimana cara kerjanya. Dan sebaiknya sedikan komputer dirumah agar anak terbiasa dengan komputer itu sendiri serta jangan lupa dampingi anak saat menggunakannya.

3. BAHASA ASING

Mengenalkan bahasa asing pada anak sejak dini memang sangat baik. Karena pada usia dini kemampuan mengingat dan menerima hal baru jauh lebih baik daripada saat sudah dewasa. Usahakan kursus dilakukan pada waktu yang tepat. Jangan memberikan jadwal kursus pada jam-jam istirahat anak, karena kegiatan disekolah sudah melelahkan. Bagaimanapun anak butuh istirahat fisik dan mental secara total.

4. ARITMATIKA atau SEMPOA

Dengan mengikuti kursus ini maka pelajaran matematika bukan sesuatu hal yang menakutkan lagi. Karena dengan ikut sempoa anak sudah diransang dan dikenalkan tentang konsep matematika dengan cara yang mudah. Yang perlu orang tua diperhatikan disini adalah adanya minat anak, karena sempoa memerlukan faktor berfikir yang lebih banyak. Oleh sebab itu jika anak berminat maka kursus sempoa akan lebih menyenangkan.

5. MENGGAMBAR atau MELUKIS

Semua anak pasti menyukai yang namanya menggambar, meskipun gambarnya masih belum terarah. Namun tak semua anak berbakat dalam hal ini. Dengan mengikuti kursus ini, anda akan mengetahui bakat anak anda. kalupun tidak berbakat anak anda akan memperoleh manfaat tambahan yaitu berkembangnya kemampuan imajinasinya.

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...