Cara Merawat Gigi Bayi

Cara Merawat Gigi Bayi. Perlukah orang tua merawat gigi bayi ? Kadang beberapa orang tua berpikir bahwa bayi merawat gigi bayi tidak penting karena akan diganti dengan gigi permanen. Padahal, gigi bayi menentukan baik tidak nya pertumbuhan gigi permanen kelak dan memudahkan mengunyah serta bicara pada bayi. Oleh sebab itu sejak gigi bayi mulai tumbuh, orang tua mempunyai tanggung jawab membersihkan dan merawat gigi bayi mereka. Karena walaupun keberadaanya hanya sementara tetapi kesehatan gigi bayi berpengaruh pada kesehatan gigi nya kelak dikemudian hari.

Disamping itu jika gigi bayi tidak dirawat dengan baik akan menjadi rusak. Misalnya, menyebabkan infeksi gusi yang biasa disebut GINGIVITIS, yang dapat mengakibatkan renggangnya pertumbuhan gigi permanen. Untuk itu orang tua harus mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan gigi bayi dengan benar. Berikut cara merawat gigi bayi :
>> Bersihkan mulut dan gusi bayi.
Membersihkan mulut dan gusi bayi sangat penting, meskipun giginya belum tumbuh. seka atau gosok gusi bayi dengan kain kasa yang halus yang sudah dicelupkan dalam air hangat setiap kali anak selesai makan. Sebaikanya belilah sikat gigi bayi plastik yang dimasukkan ke jari untuk membantu membersihkannya.
>> Jangan membiasakan minum susu botol sambil tidur.
Minum susu botol sambil tidur adalah suatu yang buruk. karena akan menyebabkan gigi berlubang. Tanda pertama gigi berlubang adalah munculnya bintik kecil dan terjadinya perubahan warna pada gigi. Oleh sebab itu jangan membiasakan anak minum susu botol sambil tidur.
>> Beri minum setiap selesai makan dan minum susu.
Disini yang dimaksud adalah memberi minum air putih setiap selesai makan dan minum susu. Manfaatnya adalah untuk membersihkan gigi bayi dari sisa-sisa makanan dan susu yang menempel. Jika memakai sikat gigi pilihlah sikat gigi yang lembut agar gusi atau gigi tidak terluka.
>> Jika gigi mulai tumbuh, bersihkan gigi dengan kain lembab atau dengan sikat gigi khusus bayi. Bersihkan setiap gigi, sela-sela gigi dan batas antara gusi dan gigi dengan teliti karena biasanya makanan tertinggal dipermukaan tersebut.

Karena pentingnya merawat dan membersihkan gigi bayi, bagi orang tua diharapkan melakukannya dengan teratur. Jangan karena gigi bayi yang tumbuh baru dua, jadi menundan untuk membersihkan. Karena kesehatan gigi bayi juga menentukan kesehatan pertumbuhan gigi permanennya kelak.  Merawat gigi bayi juga menhindarkan gigi berlubang yang bisa menjadi penyebab sakit gigi karena kelainan dan penyakit pada gigi merupakan salah satu penyebab gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. 
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...