Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi. Tumbuhan kemangi adalah salah satu tumbuhan berbentuk perdu dan kemangi mempunyai pohon tegak dengan cabang yang  banyak, kemangi ini bisa hidup dimana saja. Bagian tumbuhan ini yang bisa dikonsumsi adalah daunnya. Sedangkan manfaat daun kemangi salah satunya adalah sebagai pelengkap dari masakan tertentu, misalnya buat pepes, ada juga yang dicampur dengan masakan yang bahannya dari ikan agar bau amis ikan tersebut berkurang karena adanya aroma daun kemangi yang khas. Tetapi dimasyarakat daun kemangi lebih sering digunakan sebagai lalapan untuk menemani makan ikan atau ayam goreng beserta sambel terasi. Daun kemangi memang mempunyai aroma yang khas dan baunya tajam, sehingga tidak semua orang menyukainya karena alasan tersebut.

Daun kemangi ini sangat mudah kita temui disekitar lingkungan kita, baik itu dikebun, dihalaman depan rumah kadang sering juga ditemukan dipinggir jalan, yang tentunya hal itu bisa ditemui dikampung-kampung. Tapi bagi anda yang tinggal dikota jangan harap bisa ketemu sama si daun kemangi ini, mungkin tidak dipasar atau di supermarket saja anda bisa menemukannya. Disamping sebagai lalapan daun kemangi juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, karena daun kemangi ini mengandung betakaroten dan magnesium dan juga mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Sedangkan aroma daun kemangi yang khas dipercaya bisa mengundang selera makan tentu bagi yang menyukai daun kemangi.

Khasiat daun kemangi yang sangat populer dimasyarakat adalah untuk menghilangkan bau bulut dan bau badan. Disamping itu menurut beberapa penelitian para pakar yang bisa dipercaya bahwa daun kemangi ini ternyata juga mempunyai banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya :

- Penyakit diare

- Gangguan pada vagina

- Nyeri pada payudara

- Mengatasi batu ginjal

- Mengatasi keluhan flu

- Cacingan

- Sembelit

- Perut kembung

- Masuk angin

- Mengatasi kejang

Disampimg itu daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan hormon estrogen. Selain itu daun kemangi juga mengandung senyawa Arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Oleh sebab itu jangan sepelekan daun kemangi yang mungkin sekilas hanya sekedar bermanfaat sebagai lalapan, dengan manfaat dan khasiat yang banyak tadi tentu diharapkan akan merubah pikiran anda agar sering mengkonsumsi daun kemangi ini, bagi yang belum suka diharapkan mulai menyukainya karena tidak akan ada ruginya jika anda mengkonsumsinya. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati. >>> BE HEALTHY BE HAPPY <<<

Description: Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi ItemReviewed: Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi
Related Posts with Thumbnails
Comments
6 Comments

6 comments:

indoopustaka mengatakan...

terima kasih informasinya tentang manfaat kemangi, sangat bermanfaat.

wahyudi M mengatakan...

khasiatnya banyak ya.....thanks infonya
http://sampulbaca.blogspot.com

Makanan Sehat mengatakan...

makasih atas infonya ... bermanfat nih ;)

Tiket Murah mengatakan...

wahhh... bisa nih di coba,
biasnya aq sisihkan kalau ada daun kemanginya

Obat Mata Herbal mengatakan...

thansk ya

Fahrudin mengatakan...

ternyata daun kemangi memiliki manfaat yang sangat banyak ya, terimakasih banyak infonya.