Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis

Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis. Apakah Anda tahu bahwa kulit manggis juga memiliki manfaat untuk Kulit manggis mengatasi berbagai macam penyakit tak kalah dengan daging buahnya?. Bagian kulit manggis yang tebal dan lunak ini juga memiliki kandungan yang juga baik untuk kesehatan. Tetapi karena rasanya yang pahit inilah yang menjadi kendala orang-orang enggan untuk mengkonsumsinya. Biasanya untuk mengurangi rasa pahit saat mengkonsumsi kulit manggis dicampur dengan madu. Selain itu jika Anda malas mengolah kulit manggis sendiri, anda bisa membelinya. Karena saat ini sudah banyak beredar dipasaran jus dari kulit manggis. Sebaiknya saat membeli produk kulit manggis, Anda harus jeli dan menelitinya lebih dahulu. Jangan sampai malah Anda tertipu, bukan manfaat yang diperoleh malah nambah penyakit. Jika Anda ragu dengan produk dipasaran, bagaimana kalau Anda mengolahnya sendiri di rumah, yang penting Anda tahu cara mengolah kulit manggis tersebut agar Anda juga bisa memperoleh manfaatnya.

Rasa pahit pada kulit buah manggis ini disebabkan oleh adanya kandungan tannin yang terdapat pada jaringan kulit buah manggis, yaitu terdapat 40 jenis Xanthone dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan terbanyak dibandingkan dengan buah lainnya. Khasiat dan manfaat dari Xanthone ialah bersifat anti-oksidan yaitu menghambat proses oksidasi atau proses penuaan tubuh atau sel tubuh. Xanthone akan melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan bersifat apotosis sebagai penghancur sel kanker. Oleh sebab itu mulai saat ini jika Anda mengkonsumsi buah manggis jangan langsung membuang kulitnya. karena banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari kulit buah manggis ini. Berikut cara mengolah kulit manggis untuk kemudian bisa Anda Konsumsi untuk mengobati penyakit, antara lain :

>> DISENTRI

  • Ambil kulit dari 2 buah manggis, cuci baersih dan potong-potong
  • Rebus dengan 4 gelas air hingga volume air tersisa 1/2 gelas
  • Setelah dingin, saring lalu minum dengan madu bila perlu
  • Minum 2 x sehari 3/4 gelas

>> SARIAWAN

  • Ambil kulit dari 2 buah manggis, cuci dan potong-potong
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga volumenya tersisa 1/2 nya
  • Setelah dingin, saring lalu kumur dan kemudian diminum
  • Lakukan 3-6 x sehari dengan takaran 2 sendok makan

Sedangkan untuk pengobatan penyakit lainnya, cara membuat sama seperti diatas. Yang perlu diperhatikan adalah jangan meminum jus manggis dalam keadaan perut kosong, sedangkan untuk mengatasi rasa pahit, selain madu bisa menggunakan air jeruk nipis atau gula batu/gula aren. Itulah beberapa manfaat dan cara mengolah kulit manggis yang memang banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita.

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...