Manfaat dan Khasiat Buah Apel bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat  Buah Apel bagi Kesehatan. Buah Apel merupakan salah satu buah yang sangat populer apel diantara buah lainnya. Buah apel biasanya mempunyai kulit berwarna merah kalau sudah masak ( siap makan ) meskipun ada jenis apel tertentu yang kulitnya tetap berwarana hijau walaupun sudah masak. Apel juga mempunyai cita rasa yang berbeda-beda, ada yang manis dan ada juga yang masam atau kecut tergantung jenisnya. Buah Apel yang dalam bahasa latin disebut dengan Malus Domestica ini pertamam kali ditanam didaerah Asia Tengah dan kemudian berkembang diseluruh dunia terutama daerah yang punya suhu dingin. Selain warna dan rasa yang menggoda buah Apel ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah apel juga salah satu bahan pangan yang berperan penting bagi tubuh bila dilihat dari kandungan zat gizinya, yang terutama yaitu nilai vitamin dan mineral yang ada pada apel. Disamping dimakan sebagi buah yang bergizi, apel juga dapat diolah menjadi beragam pangan yang memiliki nilai jual tanpa mengurangi nilai gizinya, Contohnya minuman sari apel, saus apel, keripik apel dan juga bisa dibuat tepung dan selanjutnya bisa dibuat bahan kue ( pie apel atau kue apel ). Sayangnya tidak semua orang bisa makan apel, karena bagi orang yang mempunyai alergi apel tentu saja tidak bisa mengkonsumsi buah apel. Biasanya gejala alergi apel ditandai dengan gejala yang ringan, seperti merasakan iritasi dan bengkak pada mulut dan bibir, mata berair, hidung berair dan bersin-bersin. Bagi yang terlalu sensitif akan mengalami kaligata, diare dan sakit perut. Meskipun itu hanya terjadi pada sebagian kecil orang.

Manfaat dan khasiat buah apel memang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, karena banyaknya kandungan gizi yang ada pada buah apel itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah apel bagi kesehatan, diantaranya :

1. Mengurangi resiko kanker ( usus besar, prostat dan kanker paru-paru )

Meskipun apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa tetapi apel kaya dengan senyawa antioksidan lainnya, sehingga mampu mengontrol pergerakan usus yang bisa mengurangi resiko kanker usus besar, kanker prostat dan kanker paru-paru.

2. Mencegah penyakit jantung

Jantung adalah salah satu organ vital bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan jantung kita yang salah satunya dengan mengkonsumsi apel. Karena serat apel juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Menurunkan kolesterol

Hal ini disebabkan karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan apel juga mempunyai serat yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan bisa mengurangi lemak jahat yang tidak menyehatkan sebanyak 16% jika kita rajin mengkonsumsi apel sebanyak 2 buah dalam sehari.

4. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang mempunyai masalah berat badan mulai sekarang harus rajin mengkonsumsi apel, karena serat pada apel juga membantu melancarkan proses pencernaan pada usus dan hal ini bisa mengontrol berat badan anda.

5. Menetralisir kadar gula darah

Meskipun buah apel mempunyai kadungan gula tetapi tetapi rasa manisnya bisa mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif dan hal ini bisa mengurangi resiko penyakit diabetes, baik itu dibetes karena keturunan atau bukan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat apel bagi kesehatan, meskipun masih banyak manfaat lainnya seperti mencegah pikun, mengembalikan stamina tubuh, meningkatkan kesehatan gigi, kulit dan mata serta bisa mencegah osteoporosi dan penyakit asma. Oleh sebab itu dari sekarang biasakan mengkonsumsi apel secara teratur agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. SEMOGA BERMANFAAT….@@@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...