Pengertian Vertigo dan penyebabnya

Pengertian Vertigo dan Penyebabnya. Vertigo adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga vertigo bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing disertai dengan keadaan disekililingnya ikut berputar atau melayang dan membuat penderita tidak bisa bangun karena perasaan berputar tadi. Perkatan vertigo berasal dari bahasa yunani yaitu VERTERE yang artinya berputar. Sedangkan pengertian vertigo sendiri adalah sensasi gerakan berputar dari tubuh dan lingkungan sekitarnya yang disertai gejala lainnya seperti mual dan muntah serta suhu tubuh menjadi dingin disertai keluarnya banyak keringat. Hal itu terjadi karena adanya gangguan keseimbangan tubuh

Vertigo sering juga disebut dengan pusing perputar adalah kondisi dimana seseorang merasa pusing disertai rasa berputar dan lingkungan disekelilingnya juga dirasakan berputar meskipun tubuh seseorang itu tidak bergerak sama sekali. penyebab vertigo sendiri berkaitan dengan sistim syaraf, tetapi bisa juga berasal dari THT, asam lambung, jantung serta gangguan pada mata. Disamping itu kondisi kejiwaan seseorang juga menjadi salah satu penyebab dari adanya penyakit vertigo. Tidak semua pusing adalah vertigo, oleh sebab itu jika terjadi pusing ringan atau berat segera periksa ke dokter untuk mengetahui apa itu pusing biasa atau gejala vertigo.

Vertigo termasuk golongan penyakit ringan tapi sangat membahayakan jika pada waktu penderita mengalami gangguan dan tidak ada seorangpun yang menolongnya maka akan fatal akibatnya. Contohnya pada waktu penderita tiba-tiba merasa perputar pada saat sedang berkendara atau pada saat berada dikamar mandi, karena jika perasaan berputar itu terjadi dan tak seoarangpun menolongnya maka penderita tadi akan terjatuh tak sadarkan diri dan itu sangat berbahaya. Oleh sebab itu bagi penderita vertigo disarankan bila kondisi tidak fit atau tidak sehat usahakan ada seseorang yang menemaninya, untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi.

Bagi penderita vertigo ringan cukup dengan istirahat dan minum obat anti mual mungkin sudah bisa memulihkan kondisi penderita. Tetapi jika vertigo sudah parah, penderita biasanya tidak bisa bangun karena jika bangun sensasi berputar itu akan datang, kadang ada juga yang sampai dirawat inap dirumah sakit. Disamping itu perubahan posisi tidur juga bisa memicu terjadinya vertigo meskipun itu terjadi hanya beberapa detik. Oleh sebab itu bagi penderita vertigo usahakan melakukan gerakan sacara perlahan jangan tiba-tiba karena akan memicu terjadinya vertigo. Penyebab vertigo juga berasal dari gangguan hormonal seperti, kelelahan, kurang istirahat juga karena makan yang tidak teratur yang bisa jadi penyebab asam lambung juga karena stress.
Untuk pengobatan vertigo tergantung dari penyebabnya karena masing-masing penderita biasanya berbeda pula penyebabnya. Untuk mengetahuinya segara periksa ke dokter agar diketahui yang menjadi penyebabnya. Karena biasanya dalam hal ini dokter akan mengobati penyebab dari vertigo dan otomatis setelah itu vertigo akan sembuh, meskipun tidak secara total. Sebab vertigo bisa kambuh lagi tanpa diprediksi kapan akan datang. Bagi penderita vertigo disarankan selalu siap sedia obat anti mual misalnya, Meklizin, dimenhidrinat dan perfenazin. Apabila susah mencari obat-obat tersebut, anda cukup menyediakan Antimo atau Dramamint karena dua obat tersebut juga bisa mengatasi vertigo anda, Karena kebetulan saya juga penderita vertigo dan dua obat tersebut sudah terbukti bisa mengatasi vertigo pada saat perasaan berputar atau vertigo itu datang. SEMOGA BERMANFAAT……@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...