Lindungi Ibu dan Bayi dari Bahaya HIV/AIDS

Lindungi Ibu dan Bayi dari Bahaya HIV/AIDS. Jumlah penderita HIV/AIDS semakin bertambah. Termasuk juga Peduli AIDS didalamnya terjadinya penularan HIV kepada ibu rumah tangga dan bayi yang saat ini menjadi perhatian sangat penting dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS itu sendiri. Disini diperlukan pengertian dan pengetahuan yang lebih luas terhadap HIV/AIDS bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan begitu masyarakat khususnya kaum wanita akan lebih waspada dan lebih tahu bagaimana cara mencegah agar tidak terjangkit HIV, terutama bagaimana melindungi ibu dan bayi dari bahaya HIV/AIDS.

Masih banyak yang beranggapan bahwa perempuan yang terjangkit HIV dilarang mempunyai keturunan, karena jika dia punya keturunan prosentasenya akan mungkin si anak tadi juga akan terjangkit HIV pula. Dulu banyak perempuan yang positiv HIV diminta untuk disterilisasi dan tidak boleh punya anak. Dan itu adalah termasuk diskriminisasi terhadap perempuan serta sebuah pelanggaran HAM. Bagaimanapun juga perempuan yang positif HIV/AIDS tidak semua adalah kesalahannya, karena banyak faktor yang bisa menimbulkan seorang perempuan positif HIV. Dari survey yang dilakukan oleh kementerian kesehatan saat ini makin banyak bayi-bayi yang tidak berdosa terkena HIV. Dan seharusnya bayi-bayi tersebut harus dilindungi agar mereka tidak sampai terinfeksi dari orang tuanya.

Bagaimana cara melindungi ibu dan bayi dari HIV/AIDS itu sendiri ? Pencegahan dan penularan HIV dari ibu kepada bayinya sebenarnya dapat dicegah. Dengan kita mencegahnya secara otomatis kita juga melindunginya. ? Oleh sebab itu ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk menghindari terjangkitnya penyakit HIV/AIDS. Jika sudah terlanjur terinfeksi, pada saat ibu dalam kondisi hamil sebaiknya mengkonsumsi obat ARV untuk menekan pertambahan jumlah virus dalam darah. Memang tidak ada kepastian bayi akan terjangkit atau tidak, tetapi jika tidak minum obat ARV tadi, resiko penularannya akan tinggi.

Saat ini pemerintah juga tengah menggiatkan program prevention of mother to child transmission of HIV ( PMTCT ) yang bertujuan untuk menyelamatkan ibu dan bayi dari HIV/AIDS. Disamping itu juga ada beberapa acara yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan dan kepedulian mengenai bagaimana cara melindungi ibu dan bayi dari penyakit HIV/AIDS. Memang tidak semua bayi yang lahir dari seorang perempuan dengan HIV bayinya akan terjangkit HIV juga. Namun tanpa terapi yang benar. resiko penularannya bisa lebih tinggi. Dengan demikian cara / tips menghindari penyakit HIV/AIDS sangat penting, khususnya untuk melindungi ibu dan bayi serta masyarakat pada umumnya dari bahaya HIV/AIDS.

>>>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<<

Description: Lindungi Ibu dan Bayi dari Bahaya HIV/AIDS ItemReviewed: Lindungi Ibu dan Bayi dari Bahaya HIV/AIDS
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: