Jenis Gangguan Kesehatan Organ Pencernaan dan Cara Menjaganya

Jenis Gangguan Kesehatan Organ Pencernaan dan Cara Menjaganya. Makanan dibutuhkan oleh setiap Gangguan pencernaan makhluk hidup termasuk manusia. Agar diserap oleh tubuh, maka makanan harus dicerna. Pencernaan sendiri adalah suatu proses melumatkan makanan hingga dapat diserap oleh tubuh. Proses pencernaan dilakukan oleh organ-organ pencernaan. Manusia membutuhkan makanan bergizi, makanan bergizi tersebut akan masuk kedalam tubuh lewat organ pencernaan. Tetapi bagaimana jika terjadi gangguan kesehatan pada organ pencernaan ? Tentu saja akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, karena tubuh tidak menerima asupan makanan akibat adanya gangguan kesehatan pada organ pencernaan. Supaya kesehatan organ pencernaan tetap sehat maka kita harus mengetahui bagaimana cara menjaga organ pencernaan pada tubuh kita.

Organ-organ pencernaan pada manusia meliputi Saluran pencernaan dan Kelenjar pencernaan dan keduanya membentuk sistem pencernaan. Alat pencernaan manusia itu meliputi,  Mulut ( gigi, lidah, kelenjar ludah ), Kerongkongan, Lambung, Usus besar serta Rektum dan Anus.  Oleh sebab itu kita harus extra hati-hati menjaga organ kesehatan tubuh kita. Apalagi dimusim yang tidak menentu seperti sekarang ini, terutama dalam mengkonsumsi makanan, pilihlah  makanan yang bersih dan bergizi tentunya, karena hal itu akan sangat mempengaruhi kesehatan organ pencernaan kita. Berikut jenis-jenis gangguan kesehatan organ pencernaan, antara lain yaitu :

1. DIARE  >> Keadaan feses atau kotoran yang encer

2. KONSTIPASI >> Penyakit susah buang air besar, biasanya karena kurang makanan berserat

3. MAG >> Terjadi karena produksi asam yang berlebihan, biasanya disebabkan karena makan yang tidak teratur

4. APENDISITIS >> Penyakit radang pada apendiks karena infeksi bakteri

5. TIFUS >> Penyakit peradangan pada usus

Agar tidak mudah mengalami gangguaan kesehatan organ pencernaan, maka kesehatan organ pencernaan harus kita jaga. Bagaimana cara menjaga organ kesehatan kita ? Berikut beberapa cara sederhana menjaga kesehatan organ pencernaan, antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan pola makan yang teratur
  • Makan makanan yang bergizi seimbang
  • Rajin menggosok gigi
  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Minum air putih secukupnya
  • Menjaga kebersihan makanan dan alat makan
  • Mengunyah makanan hingga lumat
  • Mengkonsumsi makanan berserat
  • Mengurangi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan penyedap

Dengan cara-cara sederhana dalam menjaga kesehatan organ pencernaan diatas, yang tentunya jika setiap orang bisa melakukan hal tersebut tentu akan terhindar dari gangguan kesehatan organ pencernaan. Bagimana apakah Anda juga akan mencoba cara sederhana menjaga kesehatan organ pencernaan tersebut setiap hari ??

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan