Cara Mengatasi Rasa Sakit saat Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi rasa Sakit saat Tumbuh Gigi. Tumbuh gigi adalah proses saat gigi bayi tumbuh dan mulai gigi menembus gusinya seiring tumbuhnya akar gigi sehingga ujung gigi terdorong keluar melewati gusi. Biasanya tumbuh gigi disertai rasa yang tidak nyaman dan sakit dan bisa membuat anak menjadi rewel. Hal itu terjadi karena rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi. Gejala ini biasanya terjadi antara 3 sampai 5 hari sebelum gigi keluar melewati gusi. Dan rasa nyeri itu akan menghilang saat gigi sudah keluar.

 

Biasanya gigi pertama yang akan keluar adalah salah satu gigi seri tengah bawah. Pada saat gigi keluar menembus gusi, bagian tersebut mungkin kelihatan merah dan bengkak, kadang berisi cairan yang melepuh seperti berdarah. Masing-masing gigi akan mempunyai rasa sakit yang berbeda saat tumbuh, tapi yang paling sakit saat gigi pertama tumbuh. Juga pada saat gigi geraham tumbuh karena lebih besar dan tentu lebih sakit ketimbang yang lain. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus tahu cara mengurangi atau mengatasi rasa sakit saat tumbuh gigi pada anak. Berikut ada beberapa cara mengatasi rasa sakit saat tumbuh gigi, diantaranya :

>> Beri bahan lembut.

Berikan bahan lembut yang bisa digigit bayi. Bahan itu harus aman, tidak keras dan tidak mengandung bahan-bahan kimia

>> Beri Asetaminofen atau Ibuprofen.

Memberikan asetaminofen atau ibuprofen dapat menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan akibat pecahnya gusi saat gigi terdorong keluar. Tapi harus diperhatikan dosisnya.

>> Beri Gel.

Pada beberapa kasus tumbuh gigi, bayi mungkin memerlukan gel untuk mengurangi rasa sakit pada gusinya. gel itu bisa di dapat diapotek, jangan lupa tanyakan dosis pemberiannya saat membeli.

>> Beri gigitan bayi ( teething ring ).

Bahan gigitan bayi tersebut dari plastik lembut dan sangat baik untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Hindari gigitan bayi yang tidak terbuat dari karet.

 

Masing-masing anak akan berbeda dalam proses tumbuh gigi. Ada yang merasakan sangat sakit sehingga anak menjadi rewel, ada juga yang tetap asik bermain seperti biasa, sehingga tanpa diketahui tiba-tiba gigi itu sudah ada. Tanda-tanda umum biasanya anak agak susah makan dan lebih sering ngiler. Apabila semua cara mengatasi rasa sakit pada tumbuh gigi di atas sudah dilakukan dan anak tetap rewel karena sakit, segera periksa ke dokter untuk mengatasi rasa sakit tersebut. SEMOGA BERMANFAAT…@@@

Description: Cara Mengatasi Rasa Sakit saat Tumbuh Gigi ItemReviewed: Cara Mengatasi Rasa Sakit saat Tumbuh Gigi
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: