Manfaat dan Efek samping Ginseng

Manfaat dan Efek samping Ginseng. Ginseng yang mempunyai bahasa latin Panax. Ginseng yang dilihat ginseng bentuknya mirip manusia berukuran kecil ini memang sejak ribuan tahun telah diburu manusia untuk dijadikan obat. Banyak orang didunia, terutama bangsa Korea dan China sangat mengagungkan tanaman ginseng sebagai tanaman yang kaya manfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu saat ini ginseng yang paling terkenal adalah ginseng dari Korea dan China. Ginseng juga dijuluki sebagai rajanya obat dan dikenal sebagai obat kuat dan panjang umur.

 

Ginseng yang paling mahal dan punya kualitas baik adalah ginseng liar yang berasal dari Manchuria. Bagian tanaman ginseng yang sering digunakan sebagai obat adalah akarnya. Meskipun daunnya juga mempunyai khasiat yang sama dengan umbi/akarnya. Akar ginseng sendiri dijual dalam dua variasi, yaitu ginseng putih dan ginseng merah. Ginseng putih berupa akar ginseng kering tanpa proses apapun, sedangkan ginseng merah adalah akar ginseng yang melalui proses pengukusan terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Proses pengukusan itulah yang menyebabkan warna akar ginseng menjadi merah.

 

Didalam ginseng terdapat kandungan sejenis zat aktif yang terdiri dari ginsenosides atau eleutherosides, selain itu juga mengandung minyak atsiri, sterol, polisakarida, gula, pektin, vitamin B1, B2, dan B12, kholin, lemak serta mineral ( ternasuk seng, tembaga, magnesium, kalsium, zat besi, mangan dan vanadium ). Sedangkan manfaat ginseng pada kesehatan antara lain :

1. Sebagai obat kuat

Ginseng merupakan perangsang ringan untuk meningkatkan hormon testosteron dan dihidrotestosteron. Juga meningkatkan produksi danmortalitas sperma. Ginseng juga membantu menyeimbangkan hormon perempuan khususnya setelah melahirkan, selama mentruasi dan pada saat menopouse.

2. Memperkuat daya ingat

Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa ginseng bisa membantu memperbaiki daya ingat pada pasien stroke yang juga mengalami kepikunan. Disamping itu ginseng juga mampu meningkatkan aktivitas zat-zat kimiawi diotak seperti acetycholine dan choline acetytranferase.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

zat aktif pada ginseng merangsang pembentukan antibodi sehingga dapat membantu prose penyembuhan. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Disamping itu juga bisa mengatasi lelah dan stress serta bisa mengembalikan vitalitas setelah sakit.

4. Mengatasi insomnia

Ginseng dapat membantu tubuh menstimulasi glandula endoktrin untuk metabolisme vitamin dan mineral dengan baik, sehingga dapat membantu menyerap gizi dengan sempurna yang bisa membuat orang nyaman tidur. Karena salah satu penyebab susah tidur atau insomnia adalah penyerapan gizi yang tidak sempurna.

5. Memperlancar sistem peredaran darah dan sistem saraf

Menurut Nutrition Almanac ginseng berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, sisten saraf dan jantung. Karena bila sistem peredaran darah lancar maka distribusi zat gizi dan oksigen juga lancar.

 

Efek samping konsumsi ginseng

Bila pemakain ginseng sesuai dengan ukuran tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi bila mengkonsumsi ginseng secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, antara lain gangguan emosi, gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala, dan diare. Kelebihan dosis khususnya ginseng China bersifat stimulan, akan meningkatkan aktivitas hormon estrogen secara berlebihan yang bisa menyebabkan tumor, pendarahan haid yang hebat. Dan apabila ginseng China dikombinasi dengan teh, kopi, dan minuman kola juga akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ginseng, karena ginseng bisa mengencerkan darah sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan. Oleh sebab itu konsumsilah ginseng sesuai dosis yang dianjurkan. Karena bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik!!

Tambahkan Komentar Sembunyikan