PENGERTIAN DAN CARA MENGATASI AUTISME

Pengertian dan cara mengatasi autisme...!!! Mungkin banyak orang tua sering mendengar atau membahas autis kata autisme. Tapi kadang mereka salah mengerti dengan arti autis itu sendiri, karena orang tua sering menyamakan autis dengan polah tingkah anak yang hiperaktif. Padahal anak yang hiperaktif itu belum tentu autis atau bahkan sebaliknya.

Autis bukanlah suatu penyakit. Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir atau saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hungan sosial atau komikasi secara normal.  Sedangkan secara umum autisme adalah sebuah gangguan perkembangan, yang artinya ada suatu keterlambatan pada seorang anak. Misalnya dalam hal komunikasi, terlambat atau tidaknya kita ketahui dengan cara membandingkan dengan anak lainya yang usianya sama.

Ada beberapa gejala utama pada anak yang mengalami autisme, yaitu diantaranya dalam bidang :
** Interaksi sosial ( kurangnya kualitas hubungan dengan lingkungannya )
** komunikasi ( mengalami keterlambatan bicara )
** Perilaku – emosi,(perilaku yang tidak wajar serta emosinya tidak stabil )
** Gangguan sensorik dan motorik
** Pola bermain ( kemampuan secara imaginatif berkurang )

Gejala diatas adalah gejala umum yang ada, tapi kadang gejala tersebut diperparah dengan salahnya pola asuh dari keluarga dan lingkungan, akhirnya muncul lagi berbagai gejala dan memperburuk kondisi kejiwaan anak autisme. Oleh karena itu pola asuh keluarga sangat menentukan autisme itu sendiri. Jika keluarga memperlakukan nya dengan benar mungkin akan meminimalkan gejala yang ada. Bahkan mungkin bisa menjadikannya sama dengan anak normal lainnya.

Untuk mengatasi masalah autis bagi setiap keluarga sangat lah berbeda-beda karena ini sifatnya individual, membutuhkan kesabaran untuk menghadapinya dan konsisten dalam menanganinya. Jangan berhenti pada kemampuan anak tapi gali bakat dan potensi yang ada pada anak itu sendiri. Jika anak dibiarkan saja tanpa adanya penanganan yang tepat, maka akan terisolasi dengan lingkungannya. Sudah banyak penderita autis yang sukses berkarir di bidang nya.

Pada akhirnya diagnosa autisme dikatakan berguna apabila mampu memberikan solusi dan petunjuk bagi keluarga khusunya orang tua mengenai kondisi alamiah pada anak, hingga tidak menimbulkan kebingungan dan keputusasaan pada orang tua serta bisa membawa manfaat bagi kesembuhan anak agar bisa hidup secara normal. " DON’T GIVE UP "

Tambahkan Komentar Sembunyikan