MANFAAT DAN DAMPAK NEGATIF BABY WALKER

MANFAAT SERTA DAMPAK NEGATIF BABY WALKER....!!!!
Sebenarnya bagi sebagian orang tua memang sangat membutuhkan benda yang satu  ini, yaitu untuk meringankan tugas orang tua. Dan juga untuk mempercepat anak belajar berjalan. Tapi sayangnya baby walker ini juga punya dampak negatif. Salah satunya adalah membuat anak berjalan jinjit ( mengangkat tungkai ).

Tujuan awal orang tua menggunakan baby walker adalah untuk melatih anak mengangkat badan dan berdiri tanpa perpegangan kemudian melangkah. Tapi yang faktanya malah sebaliknya, baby walker justru malah membuat anak malas menggerakkan otot dan tungkainya. hal itu terjadi karena dudukan baby walker membuat anak merasa nyaman, sehingga malas untuk bergerak.

Akibat dari malas bergerak tadi, anak cuma menggerak-gerakkan ujung telapak kakinya untuk mendorong baby walker. Ahirnya gerakan ujung telapak kaki yang berlebihan tadi mengakibatkan tulang panggul anak menjadi turun dan membuat anak cenderung jongkok. kebiasaan ini berakibat pada otot betis menjadi tegang dan memendek. jika itu terus terjadi dalam jangka waktu lama akibatnya anak akan berjalan jinjit.

Dampak lainnya adalah sering terjadi kecelakan, yaitu anak terjungkal dari baby walker karena saat berjalan baby walker nya menabarak sesuatu. Penyebab yang lain adalah roda-roda pada baby walker kadang sering  meluncur cepat tanpa bisa kita cegah. Dan fatalnya kecelakaan pada anak disebabkan karena orang tua yang terlalu sibuk menyelesaikan tugasnya sehingga lupa mengawasi anak.

Apabila terjadi kecelakaan mengenai kepala dan selanjutnya badanya panas dan muntah-muntah maka bisa jadi itu tanda  "cidera otak". Kecelakaan pada bayi lebih berbahaya dari pada orang dewasa. karena semua organ baik otot dan tulang penyangga tubuhnya belum matang dan masih lentur.

Oleh karena itu gunakan baby walker seperlunya jangan jadikan kebutuhan wajib. Jika ingin anak cepat berjalan latih anak dengan dititah supaya anak cepat berjalan. Tanpa tergantung dengan baby walker saja.
Untuk para ibu yang sudah terlanjur membelinya berikut ada beberapa tips untuk mencegah dampak negatinya :
1. Latih anak menjejakkan telapak kaki.
meskipun sudah ada baby walker, tetap biasakan anak untuk dititah agar telapak kaki anak bisa menempel secara penuh pada lantai. agar anak tidak berjalan jinjit. 
2. Tekuk kaki saat mandi.
Ini dilakukan untuk merangsang otot-oto telapak menjadi rileks dan tidak memendek. selain itu juga untuk membiasakan telapak kaki menempel pada lantai.
3. Gips dan operasi.
Bagi anak yang sudah terlanjur jinjit jalan satu-satunya adalah digips atau operasi.    

Melihat dampak negatifnya labih banyak dari manfaatnya sebaiknya para orang tua perlu berpikir dua kali untu membeli BABY WALKER. Kesehatan anak adalah diatas segalanya oleh karena itu jagalah mereka sebaik- baiknya.. " BE HEALTY BE HAPPY " 

Tambahkan Komentar Sembunyikan