Cara Mengatasi penyakit Asam Lambung & Gejalanya

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung & Gejalanya. Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang ada didalam tubuh manusia. Fungsi dari lambung sendiri adalah untuk menyimpan makanan, selain itu lambung juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya makanan dan cairan yang sudah kita kunyah dan asam lambung sendiri adalah cairan yang diproduksi oleh dinding lambung. Naik turun kondisi asam lambung sangat dipengaruhi oleh kadar lemak yang terdapat pada protein yang masuk kedalam tubuh kita. Mungkin banyak orang yang bingung apa asam lambung mempunyai peranan penting bagi tubuh? Dan bagaimana pula cara mengatasi jika kita terkena penyakit asam lambung dan apa saja gejalanya?

Asam lambung mempunyai fungsi yang penting bagi organ pencernaan yaitu untuk mematikan
bakteri yang terbawa masuk kedalam makanan, menstabilkan zat gula dari penguraian sebelumnya dan merangsang produksi enzim pencerna protein, oleh sebab itu semua makanan baik padat ataupun cair harus bersentuhan dengan asam lambung. Tetapi jika kadar asam lambung dalam tubuh kita mencapai hingga p H 2.5 maka akan menyebabkan peningkatan asam lambung sementara. Sedangkan penyakit asam lambung adalah kelainan yang menyebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengalir balik) ke kerongkongan dan menimbulkan gejala khas seperti rasa terbakar didada yang kadang disertai rasa nyeri dan gejala lain seperti rasa asam dan pahit dilidah.

Banyak hal yang bisa memicu asam lambung meningkat diantaranya adalah makanan berlemak. Makanan berlemak seperti keju ataupun coklat bisa memperlemah klep kerongkongan dan itu bisa menyebabkan gas masuk ke kerongkongan yang berakibat rasa tidak nyaman pada perut. selain itu jika makanan yang tertelan masih dalam bentuk kasar dan masuk ke lambung juga bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung karena usus halus akan bekerja keras mengolah makanan tersebut. Makan dengan tergesa juga bisa menyebabkan udara masuk tanpa sengaja kedalam lambung dan asam lambung akan keluar lewat udara tersebut dan itu juga bisa menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman pada lambung. Berikut adalah beberapa gejala penyakit asam lambung, yaitu :

  • Sering bersendawa dan kesulitan saat menelan 
  • Rasa perih dan mual pada bagian perut
  • Perut kembung
  • Hilangnya nafsu makan karena adanya rasa penuh dan kembung pada perut
  • Lidah terasa asam dan pahit
  • Rasa terbakar didada dan kadang timbul rasa nyeri
Untuk mengatasi penyakit asam lambung ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa dengan cara medis ataupun tradisional. Dengan cara medis tentu kita harus pergi ke Dokter dan minum obat sesuai resep, Tetapi jika Anda mengatasi asam lambung dengan cara tradisional berikut adalah diantaranya :


  • Dengan Lidah Buaya, karena lidah buaya ini bisa meredakan peradangan kerongkongan dan juga dilambung. Caranya yaitu cukup minum jus lidah buaya sebanyak 1/2 gelas sebelum makan bagi yang sering mengalami penyakit asam lambung.
  • Dengan Pisang, karena didalam buah pisang terdapat anasida alami yang bisa melapisi dinding perut dan saluran cerna agar tidak teriritasi oleh asam lambung. oleh sebab itu makanlah buah pisang secara teratur.
  • Dengan Jahe. Jahe memang dipercaya mempunyai banyak khasiat, salah satunya mengatasi asam lambung. Senyawa yang terdapat pada jahe bisa melindungi sistem pencernaan dan menurunkan tingkat keasaman pada lambung. Jadi jika perut mulai terasa tidak nyaman segera buatlah wedang jahe dan perut Anda akan terasa nyaman kembali.
  • Dengan Brokoli. Brokoli mempunyai kandungan bahan sulforaphane ( SFN ) yang bisa mengurangi populasi kuman yang ada pada lambung, dan itu bermanfaat mengatasi nyeri pada lambung. Caranya bisa dibuat jus atau bisa jadikan sebagai olahan masakan.
Penyakit asam lambung sebanarnya bisa dicegah yaitu dengan pola makan yang teratur dan hindari stress seta usahakan makan dengan baik atau tidak tergesa-gesa saat makan, agar makanan yang kita bisa mengunyah makanan dengan baik sehinghga kerja lambung kita tidak terlalu berat. Bagaimana mudah bukan mencegah penyakit asam lambung ? Oleh sebab itu biasakan diri dengan pola hidup sehat, agar terhindar dari segala macam penyakit.      


@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan