Gejala Alzheimer dan Cara Pencegahannya

Gejala Alzheimer dan Cara Pencegahannya. Alzheimer ??? Mungkin diantara Anda masih belum tau apa itu alzheimer ?? Alzheimer merupakan suatu jenis sindrom yang menyerang sel-sel otak secara bersamaan, sehingga bisa menyebabkan otak menjadi mengerut dan mengecil. Alzheimer sendiri sering disebut sebagai penyakit orang tua, karena pada umumnya gejala awal yang dialami oleh orang yang mengidap alzheimer adalah sering lupa tentang hal-hal yang biasa dia lakukan atau kata lainnya adalah pikun dan parahnya lagi dia akan lupa pada dirinya sendiri dan orang-orang yang ada disekitarnya. Tetapi alzheimer tidak bisa disamakan dengan pikun yang memang dialami para orang tua pada umumnya.

Alzheimer awalnya kebanyakan menyerang wanita disekitar awal usia 50 th(lansia) dan seiring bertambahnya
usia resiko itu akan meningkat setiap 5th. Tetapi saat ini alzheimer ini bisa menyerang siapa saja, baik itu pria maupun wanita usia dibawah 50thn. Hal itu mungkin disebabkan karena pertambahnya faktor yang bisa memicu munculnya alzheimer itu sendiri. Berikut adalah gejala ringan hingga berat penderita alzheimer :

  1. Gangguan memori, contohnya lupa meletakkan kunci, lupa menaruh gula dalam minuman serta lupa bagaimana caranya mengaduk air.
  2. kesulitan mengurus dirinya sendiri, mulai mandi, berpakaian hingga makan
  3. Kesulitan berbicara dan berbahasa, misalnya lupa tentang nama barang seperti gelas, ktp, tas dsb
  4. Disorientasi waktu, tempat dan orang, contohnya dia tidak tau kemana arah jalan pulang, tidak mengenal rekan kerjanya bahkan keluarganya
  5. Tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat
  6. Tidak bisa berpikir secara jernih, misalnya dia seperti mendengar bisikan-bisakan serta sering melihat bayangan yang menakutkan
  7. Sering salah meletakkan barang, contohnya meletakkan piring dalam lemari pakaian dsb
  8. Terjadinya perubahan mood dan perilaku, menjadi cepat marah, agresif dan tidak mau berinteraksi
  9. Terjadi perubahan kepribadian, seperti menjerit, teriak dan terpekik dll
  10. Terjadinya perubahan pola tidur, yaitu dia akan tidur diwaktu siang dan bangun diwaktu malam
Alzheimer pada dasarnya tidak bisa diobati tetapi bisa dicegah, mengkonsumsi minyak ikan, olahraga secara teratur, mengisi teka-teki silang silang serta minum obat atau suplement dipercaya bisa mencegah terjadinya alzheimer. Resiko terkena alzheimer ini akan meningkat jika ada riwayat keluarga yang pernah mengidap sindrom ini. Penyebab secara pasti penyakit ini sampai ini masih diperdebatkan. Apabila sudah mengidap alzheimer, minum obat secara teratur hanya bisa mengobati sementara. Efek dari serangan penyakit alzheimer ditandai dengan hilangnya daya pikir secara bertahap dan akhirnya menjadi cacat mental secara total, karena otaknya tidak bisa bekerja sama sekali dan fatalnya hingga menyebabkan kematian. Alzheimer memang tidak bisa diobati tetapi bisa dicegah, untuk itu jaga asupan makanan kita, olahraga teratur dan berpikirlah secara positif agar badan dan otak juga menjadi sehat sehingga kita terhindar dari segala penyakit.

@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@












Tambahkan Komentar Sembunyikan