Manfaat dan Khasiat Daun Seledri bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Seledri bagi Kesehatan. Seledri merupakan salah satu jenis sayuran daun yang memang sudah sangat dikenal luas dimasyarakat. Daun seledri ini biasanya digunakan untuk menambah aroma agar masakan menjadi lezat, karena memang daun seledri mempunyai aroma yang khas. Meskipun begitu ada beberapa orang yang tidak menyukai si daun seledri karena alasan tertentu. Di Indonesia sendiri daun seledri biasanya dijadikan sebagai sayur daun penambah aroma pada masakan seperti soto, bakso, sup, dll. Daun seledri biasanya yang dipakai adalah tangkai dan daunnya, sedangkan untuk umbinya tidak digunakan. Tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, ternyata sudah sejak ribuan tahun lalu daun seledri ini dikenal mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Daun seledri merupakan salah satu tumbuhan serbaguna yang bisa dipakai sebagai sayuran juga sebagai salah satu bahan untuk obat-obatan. Tetapi tidak hanya tangkai dan daunnya saja yang bermanfaat, tetapi ternyata buah dari seledri ini juga bisa dijadikan bahan obat dan itu sudah diketahui sejak jaman Yunani kuno. Hal itu dikarenakan seledri mengandung beberapa zat yang memang sangat bagus bagi kesehatan, diantaranya yaitu mengandung zat anti-hipertensi, diuretika yang berfungsi sebagai peluruh dan ada juga kandungan afrodisiaka yang bermanfaat sebagai penambah gairah seksual. Selain itu ada juga manfaat dan khasiat daun seledri seledri bagi kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber, diantaranya adalah :

  • Menambah nafsu makan
  • Bisa mencegah terjadinya kanker perut
  • Menenangkan sistem saraf
  • Mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Mencegah dan meengatasi sembelit
  • Mencegah pembentukan batu kantung empedu
  • Menjaga kesehatan ginjal

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun seledri bagi kesehatan yang mungkin Anda tidak pernah menduga sebelumnya. Karena mungkin selama ini Anda menganggap daun seledri hanya sebagai sayur pelengkap, jadi Anda tidak menganggap penting keberadaan si seledri ini. Tapi setelah mengetahui begitu banyak manfaat dan khasiatnya mulai sekarang sering – seringlah mengkonsumsi daun seledri dan istimewanya lagi meskipun daun seledri sudah dimasak tetap tidak mengurangi kandungan vitamin yang terdapat didalamnya. Meskipun begitu bagi wanita yang menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya, karena daun seledri ini bisa mengurangi produksi ASI. Jadi mulai sekarang jangan remehkan daun seledri yach…!!

 

#### SEMOGA BERMANFAAT ####

Tambahkan Komentar Sembunyikan