Manfaat Memakai Jilbab bagi Wanita Muslim

Manfaat Memakai Jilbab bagi wanita Muslim. Memakai jilbab bagi wanita muslim sebenarnya hukumnya adalah wanita muslim wajib. Tetapi memakai jilbab haruslah dibarengi dengan tingkah laku atau budi pekerti yang baik serta melakukan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Jangan sampai memakai jilbab tapi kelakuannya tidak benar, karena dijaman sekarang masih banyak para wanita yang memakai jilbab hanya untuk mengikuti trend semata tapi budi pekertinya nol. Jika memang terjadi seperti itu akibatnya bisa mencoreng nama baik wanita-wanita yang memang memakai jilbab karena Allah SWT. Pada kenyataanya banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh wanita dengan memakai jilbab.

Berjilbab bagi wanita muslim adalah untuk menutupi aurat merupakan salah satu aplikasi dari keimanan seorang muslimah dalam menjalankan perintah Allah SWT. Bagi kaum wanita, sesengguhnya perintah tersebut mengandung manfaat yang besar. Salah satunya yaitu melindungi diri wanita itu sendiri. Berikut beberapa manfaat memakai jilbab bagi wanita muslim diantaranya :

1. Melindungi dari pandangan dan godaan pria

Hal ini terbukti saat disekitar kita ada seorang wanita cantik yang berpakaian terbuka dan seorang muslimah yang berjilbab Pada saat itu, tentu saja beberapa pria pasti akan tertarik untuk melihat dan menggoda wanita yang berpakaian terbuka. Sedangkan wanita muslimah dapat menutupi auratnya dapat berjalan dengan aman tanpa diganggu ataupun digoda oleh pria iseng yang kurang baik.

2. Melindungi diri dari perbuatan yang tidak baik

Secara psikis, jilbab secara otomatis dapat menjadi self control untuk muslimah yang memakainya. Ketika seorang wanita atau muslimah mengerti dan teringat akan hakikat jilbab, maka ia akan merasa malu ketika melakukan perbuatan yang kurang baik, sehingga ia akan berusaha memperhatikan dan memelihara ucapan dan perbuatannya.

3. Melindungi rambut dari sengatan panas dan matahari

Dikala terik matahari,jilbab dapat melindungi rambut dan kulit kepala para muslimah dari sengatan sinar matahari. Bahkan, rambut juga terlindungi dari kotoran dan debu yang ada dijalanan yang bisa menyebabkan rambut kumal dan kusam.

4. Melindungi Radiasi Sinar UV

Sinar Ultra Violet (UV) matahari dapat dinilai berbahaya jika mengenai kulit dalam waktu tertentu. Masalah kesehatan yang diakibatkan sinar UV antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit. Para ahli kesehatan kemudian memperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun saran terbaik adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh, dengan memakai jilbab berarti kita telah menutupi seluruh tubuh dan secara otomatis kita sudah melindungi tubuh dari sinar UV.

5. Mencegah penyakit kanker kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kanker kulit disebabkan oleh sinar UV yang menyinari wajah, leher, tangan dan kaki. maka dari itu salah satu cara mudah untuk melindunginya adalah dengan memakai jilbab, sebab dengan memakai jilbab kita sudah menutupi seluruh tubuh. Namun melindungi tubuh bukan berarti dengan menggunakan pakaian ketat dan transparan. Sehingga para muslimah perlu menggunakan jilbab dan pakaian yang syar’i, seperti tidak menampakkan bentuk tubuh dan tidak transparan.

Dengan manfaat memakai jilbab bagi wanita muslimah sebagai pelindung tersebut, maka apalagi yang bisa membuat muslimah ragu untuk memakai jilbab ? Semoga uraian ini bisa menggugah wanita muslimah untuk segera menutup aurat dan memakai jilbab, karena begitu banyak manfaat memakai jilbab bagi wanita muslim.

       @@@@ Semoga Bermanfaat @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan