Mengenal Kota Kediri

Mengenal Kota Kediri. Apakah anda sudah pernah berkunjung Kota Kediri ? Kalau belum, berikut akan saya bagi SLG-Kediri serba-serbi tentang kota Kediri. Mungkin sebagian orang sudah banyak yang mendengar tentang kota Kediri, meskipun mereka belum pernah berkunjung ke kota Kediri. Salah satu penyebabnya mungkin karena di Kediri terdapat pabrik rokok terbesar di Indonesia yaitu PT. Gudang Garam TBk. Hampir sebagian besar masyarakat kediri, khususnya para wanita menggantungkan hidupnya pada perusahaan ini. Tetapi tidak hanya itu saja, kota Kediri yang menjadi salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini, juga mempunyai sejarah, budaya kuliner serta lokasi-lokasi pariwisata yang sangat menarik.

Kota kediri awalnya adalah sebuah kerajaan yang sangat besar pada masanya yaitu dikenal dengan Kerajaan Kadiri. Hingga saat ini masih banyak situs-situs peninggalan dari kerajaan tersebut yang bisa kita temui. Kota Kediri sendiri terbelah oleh sungai Brantas hingga menjadi 2 bagian, wilayah dataran rendah terletak di bagian timur sungai dan wilayah dataran tinggi terletak di bagian barat sungai. Seperti halnya kota Yokyakarta yang mempunyai Jl.Malioboro, demikian juga dengan kota Kediri yang mempunyai Jalan Dhoho yang menjadi pusat kota dan pusat perbelanjaan yang sangat ramai. Disamping itu setap malam di Jalan Dhoho juga banyak berjajar lesehan orang berjualan nasi Pecel dan nasi Tumpang, dari anak muda hingga orang tua berkumpul dan nongkrong disitu.

Selain jalan Dhoho masih ada lagi monumen yang sangat dibanggakan oleh masyarkat Kediri, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul ( SLG ). Monumen ini sangat indah dan menawan saat malam hari, bila kita berada disana seakan kita berada di Paris, karena monumen ini memang bangunannya mirip dengan monumen yang ada di Paris, tetapi ornamennya tetap budaya kita yaitu gambar- gambar pewayangan. Monumen SLG ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berkumpul keluarga atau teman untuk menghabiskan malam minggu bagi masyarakat Kediri. Tidak hanya itu di kota Kediri juga terdapat aneka tempat wisata diantaranya Gunung Kelud, Water Park dan Gua Selomangkleng di lereng Gunung Klotok, Soto bok ijo, Taman Sekartaji, Patung Totokkerot, Gereja pohsarang, Setono Gedong Dll. Selain itu banyak tempat perbelanjaan modern, diantaranya :

  • Kediri Mall ( Sri Ratu Supermarket, Time Zone, Dll )
  • Golden Swalayan & Golden Theatre
  • Kediri Town Square ( Matahari Dept.Store, Hypertmart, Dll )
  • Dhoho Plaza
  • Ramayana Department Store
  • Robinson Supermarket
  • Apollo Department Store
  • Giant Supermarket
  • DLL

Kota Kediri juga dikenal dengan Kota Tahu, Oleh sebab itu Kota Kediri mempunyai oleh- oleh khas yaitu Tahu Takwa, Stik tahu, Gethuk Pisang, Krupuk Pasir, Sate Bekicot, dan  aneka oleh- oleh lainnya. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Kediri, Anda bisa menemui aneka oleh-oleh ini di JL.PATTIMURA yang menjadi Sentra Oleh-Oleh Khas kota Kediri dan satu lagi makanan khas kota Kediri yaitu nasi Tumpang, yang bisa anda temui di jalan Dhoho ataupun diwarung-warung makan di Kota Kediri. Selain makanan khas, Kota Kediri juga sudah ada Fast Food yang berskala nasional, diantaranya PIZZA HUT, CFC, KFC, McDonald’s, Hoka-Hoka Bento Dll.

Di Kota Kediri juga terdapat sebuah pondok pesantren yang sangat terkenal  yaitu Pondok Pesantren LIrboyo, meskipun masih banyak pondok pesantren lainnya. Di Kediri juga ada kampung Inggris yaitu di daerah Pare, biasanya kampung Inggris ini akan ramai saat libur sekolah, karena moment liburan digunakan untuk belajar dikampung inggris ini dan siswanya datang dari berbagai kota di Indonesia. Oleh sebab itu bagi anda yang belum pernah berkunjung ke kota Kediri mungkin ini bisa membantu anda untuk mengenal lebih dekat tentang kota Kediri. Jika anda tidak punya keluarga di Kediri, anda tidak perlu khawatir karena di Kediri sudah banyak Hotel-hotel dari yang biasa hingga hotel berbintang yang bisa melayani anda dan keluarga tentunya.

>>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan