Makna dan Manfaat Memaafkan

Makna dan Manfaat Memaafkan. Makna Memaafkan bisa diartikan secara sederhana yaitu kita memberi maaf Memaafkan kepada orang lain yang telah menyakiti kita. Tapi apakah memang sesederhana itu makna memaafkan ? Mungkin bagi seseoarang yang mempunyai hati besar bisa jadi memaafkan bisa dilakukan dengan ringan tanpa beban. Karena bagaimanapun banyak hal yang bisa kita peroleh atau manfaat dari perbuatan memaafkan, khususnya untuk diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita.

Setiap orang pasti pernah memiliki pengalaman sulit untuk memaafkan seseorang atau sebuah peristiwa dimasa lalu yang amat melukai hati. Sehingga membuat seseorang tersebut sulit untuk memaafkan orang lain ataupun dirinya sendiri. Harus diakui memaafkan memang tidaklah semudah membalikkan tangan. Meskipun ada sebagian orang yang bisa memberi maaf dengan mudah kepada orang lain yang telah menyakitinya, tetapi lebih banyak lagi orang yang sulit memberi maaf kepada orang lain karena sesuatu dan lain hal.

Banyak sekali orang yang kesulitan memafkan orang lain karena timbul perasaan marah, dendam, kesal, geram dan kecewa hingga putus asa. Perasaan tersebut memang wajar terjadi hingga kita tidak bisa memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika seseorang tahu apa saja manfaat dari memaafkan. Padahal sebenarnya memaafkan merupakan salah satu ahlak jamaliyah Allah, yaitu sifat-sifat Allah SWT yang agung. Karena tanpa disadari kita senang dikasihani dan kadang kita senang dalam situasi marah atau dendam sehingga kita sulit untuk memaafkan dan itu bisa membuat hidup kita menjadi mundur dan jauh dari kebahagiaan.

Seseorang yang memaafkan itu akan sangat terlihat dari perubahan pada fisik dan psikis orang itu sendiri, ciri-ciri orang yang sudah bisa memaafkan yaitu, jika kita mengingat tentang orang atau kejadian buruk yang pernah terjadi pada diri anda, dada dan perasaan anda tidak merasa sesak atau sudah plong tanpa ada beban sedikitpun. Jika anda pada saat mengingat orang atau kejadian itu masih terasa sesak dan rasanya masih ada amarah serta dendam, berarti anda belum bisa memafkannya.

Faktanya amarah yang tersimpan dalam diri seseorang bagaikan racun yang merusak hati dan pikiran orang itu sendiri. Dan orang tersebut sebenarnya menganiaya dirinya sendiri, karena orang yang menyakiti kita hanya beberapa menit atau jam, tetapi kita menyimpan di hati kita hingga berbulan-bulan bahkan tahun. Tentunya hal itu akan meembuat hidup kita tidak nyaman dan itu akan menghambat jalan kita kemasa depan. Padahal memaafkan itu punya manfaat yang sangat baik bagi kehidupan kita, berikut beberapa manfaat memaafkan, diantaranya :

  • Kemarahan mereda
  • Mengurangi Stress
  • Tekanan darah menjadi normal
  • Menurunkan motivasi balas dendam
  • Membersihkan hati
  • Hidup lebih nyaman dan damai
  • Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke karena tidak ada dendam dan amarah
  • Mengembalikan pikiran positif
  • Menyehatkan fisik dan rohani ( pikiran dan hati )

Oleh sebab itu mulai sekarang belajarlah untuk memaafkan orang yang telah menyakiti kita, memaafkan sejatinya adalah membebaskan diri dari penjara karena perasaan amarah dan dendam adalah sangat merugikan diri kita sendiri dan hanya kerugian yang kita peroleh jika kita tidak bisa memaafkan. Memaafkan sama maknanya dengan membersihkan hati kita dan manfaat memaafkan juga sangat bagus buat diri kita sendiri. Memang memaafkan tidak semudah mengatakannya  tapi cobalah dan berusahalah untuk memaafkan !! Karena jika tidak bisa memaafkan sama halnya kita menyimpan racun dalam diri kita dan kita sendiri yang akan sengsara dan merana. Memaafkan bukan berarti kita kalah dari orang yang menyakiti kita, tetapi memaafkan kita lakukan untuk kebaikan diri kita sendiri agar kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik tanpa perasaan amarah dan dendam. 

 >>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan