Tips Merawat Bayi Berat Lahir Rendah di Rumah

Tips Merawat Bayi Berat Lahir Rendah di Rumah. Merawat bayi berat lahir rendah ( BBLR ) dirumah memang BBLR tidak mudah. Melahirkan bayi berat lahir rendah membuat sebagian orang tua merasa khawatir. Berbagai macam pertanyaan muncul, apakah bayi saya akan baik-baik saja ?, apakah bayi saya bisa bertahan hidup ? Bagaimana saya akan merawatnya jika sudah dirumah ? Dan berbagai pertanyaan lainnya yang mungkin akan ada dibenak orang tua yang mempunyai BBLR. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk merawat bayi berat lahir rendah. Karena bagaimanapun merawat bayi berat lahir rendah di rumah memang membutuhkan kesabaran yang lebih dibanding dengan merawat bayi yang lahir normal.

Sebelumnya kita akan membahas apa yang dimaksud dengan BBLR, bayi berat lahir rendah ( BBLR ) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram tanpa memandang usia kehamilannya, baik prematur ataupun cukup bulan. Pengertian berat lahir adalah berat badan bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah bayi dilahirkan. Pada dasarnya ada 2 tipe bayi berat lahir rendah yaitu :

  • Bayi prematur atau bayi kurang bulan, yaitu bayi yang mempunyai usia kehamilan < 37 minggu
  • Bayi kecil masa kehamilan ( KMK ) yaitu bayi yang mempunyai berat lahir dibawah kisaran berat sesuai usia kehamilan bayi tersebut

Yang perlu diketahui tidak semua BBLR harus menjalani rawat inap. BBLR memerlukan rawat jika :

  • berat lahirnya kurang dari 1800 gram
  • bayi yang punya usia kehamilan < 34 minggu
  • sulit minum
  • sakit 

Adapun hal – hal yang harus diperhatikan atau tips merawat bayi berat lahir rendah di rumah, setelah masa kritisnya sudah terlewati dan Dokter sudah memperbolehkan pulang adalah sebagai berikut :

1. Pemberian ASI

ASI tetap harus menjadi pilihan utama sebagai salah satu cara pemberian nutrisi karena ASI berfungsi untuk kekebalan tubuh serta manfaat psikologis lainnya. Seorang ibu hamil akan mengeluarkan susu mengikuti usia gestasi (kehamilan) bayinya. Ibu yang melahirkan bayi prematur akan mempunyai ASI dengan komposisi sesuai kebutuhan bayinya. Berilah ASI sedikit demi sedikit tapi usahakan sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan kalori, protein dan lainnya.

2. Pertahankan Suhu Tubuh Normal

BBLR memang punya masalah tentang mempertahankan suhu tubuh, hal ini dikarenakan beberapa organ tubuhnya belum siap secara sempurna. Untuk itu diperlukan kondisi lingkungan sekitar untuk menunjangnya dalam mempertahankan suhu tubuhnya, misalnya dengan cara :

  • Menjaga suhu tubuhnya misalnya diruangan yang hangat, botol yang dihangatkan, atau tempat tidur berisi air hangat dan inkubator
  • Membungkus tubuh BBLR dengan kain hangat dan diberikan kain penutup dikepala/ topi
  • Pastikan tangan selalu dalam kondisi hangat saat memegang bayi berat lahir rendah
  • Usahakan cepat mengganti popok/kain/baju basah

3. Pencegahan Penularan Infeksi

Pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan sebelum memegang bayi dan menghindarkan kontak dengan orang atau lingkungan yang beresiko tinggi terhadap penularan infeksi ( tempat umum atau orang yang sedang sakit )

4. Lakukan Pemijatan bayi secara berkala, untuk itu perlu di tanyakan kepada dokter ahli tentang cara pemijatannya

5. Segera hubungi dokter jika bayi malas minum, nafas tidak teratur, suhu badan tidak normal serta tampak kuning

6. Pemberian Suplementasi yang sesuai petunjuk dokter seperti multivitamin, zat besi, Vitamin E dan sebagainya.

Selain tips diatas ada beberapa pemantauan yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Tentang pertumbuhan bayi ( berat dan panjang badan serta lingkar kepala ) secara berkala
  • Pemantauan perkembangan bayi
  • Pemeriksaan mata
  • pemeriksaan pendengaran
  • Pemeriksaan laboratorium & USG
  • Pemeriksaan darah

Dengan mengetahui tips merawat bayi berat lahir rendah dirumah, diharapkan orang tua agar lebih tahu dan mengerti sehingga bila terjadi sesuatu hal tidak lekas panik dan frustasi. Sehingga perawatan bayi berat lahir rendah dirumah bisa lebih optimal lagi tanpa dihantui perasaan cemas dan khawatir akan kesehatan bayinya. Dan pada ahirnya bayi berat lahir rendah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan orang tuanya.

@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan