Manfaat Merangkak bagi perkembangan bayi

Manfaat Merangkak bagi  perkembangan bayi. Manfaat merangkak bagi bayi??? Tahukah anda bahwa merangkak Merangkak Tidak hanya punya manfaat bagi bayi saja, tetapi merangkak juga punya manfaat bagi orang tua atau orang dewasa lho ? Bagi sebagian orang tua mungkin belum tahu bahwa merangkak adalah fase yang sangat penting yang harus dilalui oleh bayi atau balita. Hal ini dikarenakan merangkak tidak hanya sebagai tanda tumbuh kembang bayi, tetapi juga punya manfaat yang lebih penting lagi yaitu sangat erat kaitannya dengan perkembangan fisik dan otak bayi.

Disamping itu merangkak juga punya manfaat kesehatan bagi orang tua atau orang dewasa juga. Coba anda ingat-ingat lagi, kapan terahir kali anda atau bergerak dengan menggunakan dua kaki dan dua tangan seperti bayi ? Mungkin bagi anda yang mempunyai buah hati yang masih balita kegiatan merangkak masih sering anda lakukan karena anda harus menemani buah hati anda bermain. Mungkin ada juga sebagian orang, terahir merangkak pada masa kanak-kanak dulu. Sebenarnya merangkak bukanlah bawaan sejak lahir. Merangkak adalah salah satu tonggak perkembangan bayi, yang kemunculannya tergantung dari kesempatan yang ada.

Meskipun merangkak adalah salah satu tanda tumbuh kembang bayi, tetapi tidak semua bayi melakukan tahapan ini. Ada bayi yang tidak merangkak , lalu bisa berjalan pada waktu yang wajar atau normal. Bayi – bayi yang tinggal dilingkungan bersih dan aman, akan besar kemungkinannya untuk bisa merangkak. Jadi faktanya merangkak adalah ditentukan oleh kesempatan untuk bergerak. Meski bayi tak harus merangkak, tidak berarti merangkak dianggap tidak penting atau tidak bermanfaat. Secara umum manfaat merangkak bagi bayi dan orang tua adalah untuk ” Membantu kestabilan saat berjalan, membantu mengatasi kesulitan membaca, meredakan sakit punggung, dan membuat tubuh menjadi rileks hingga suasana hati menjadi gembira dan senang ”. Namun ada manfaat merangkak yang sangat penting bagi perkembangan bayi, yaitu ;

  • Menguatkan otot, sendi, leher dan tangan
  • Menguatkan otot besar dan kecil yang perpengaruh pada perkembangan motorik halus dan kasar
  • Merangsang kedua belah otak untuk mengkoodinasikan gerakan antara mata, tangan dan kaki secara bersamaan
  • Meningkatkan produksi Myelin ( zat yang melapisi sel syaraf yang berfungsi membantu otak dalam mengirim dan menerima pesan secara cepat dan jelas) di otak
  • Merangsang bagian otak reseptif dan ekspresif
  • Mengembangkan sambungan jaringan syaraf
  • Membantu perkembangan dan pemahaman bahasa
  • Merangsang kepekaan sentuhan serta kepekaan visual baik itu jarak jauh atau dekat

melihat manfaat merangkak yang begitu besar bagi tumbuh kembang bayi tentu sangat disayangkan jika seorang balita melewatkan fase merangkak ini. Meskipun sampai sekarang belum ada kepastian apakah ada dampak negatif jika bayi tidak merangkak, tetapi mengingat manfaat merangkak bagi perkembangan bayi sangat erat kaitannya dengan perkembangan otaknya, maka sebaiknya orang tua bisa merangsang buah hatinya yang masih bayi agar melakukan fase merangkak tersebut. Apabila anda tidak tahu caranya, anda bisa mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter ahli. Dengan begitu bayi anda tidak akan kehilangan fase merangkan ini. Semoga bermanfaat…..!!!!

>>>>> BE HEALTHY BE HAPPY <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan