Bagaimana Cara Melatih Disiplin pada Anak ?

Bagaimana Cara Melatih Disiplin pada Anak ? Melatih disiplin pada anak mungkin pekerjaan yang gampang – Disiplin gampang susah. Memang tidak mudah bagi orang tua untuk melatih disiplin pada buah hatinya, apalagi jika buah hati anda masih balita. Tetapi menanamkan disiplin sejak dini memang harus dilakukan, tentu saja melatih disiplin pada anak harus dengan penuh kasih sayang dan juga harus disesuaikan dengan usia buah hati kita tentunya.

Disiplin adalah Suatu pendidikan yang bertujuan mengarahkan perilaku anak pada khususnya dan anggota keluarga lain sesuai dengan nilai-nilai umum di masyarakat. Sebagai sebuah cara pengasuhan, disiplin sebaiknya memang dikenalkan kepada anak sejak dini. Hanya saja, menanamkan disiplin memang tidak mudah, apalagi bila pengertian disiplin hanya dikaitkan dengan kepatuhan anak pada orang tua. Karena faktanya anak yang tidak patuh pada orang tua dikatakan tidak disiplin dan biasanya mereka akan diberi hukuman.

Melatih disiplin pada anak diperlukan sebuah pendekatan, dengan kata lain melatih disiplin dengan kasih sayang. Artinya disini adalah ada aturan yang jelas namun hubungan antara orang tua dan anak cukup hangat atau orang tua tetap menjaga  kedekatan emosional dengan buah hatinya. Jangan sampai melatih disiplin pada anak membuat hubungan antara orang tua dan anak menjadi jauh sehingga tidak ada lagi keakraban dan kehangatan dalam keluarga.

Pada prinsipnya disiplin dan kasih sayang sama pentingnya dan sama-sama dibutuhkan oleh anak. Disiplin keras dan kaku sama buruknya dengan kasing sayang tanpa adanya batasan dan aturan. Yang terbaik adalah menyeimbangkan keduanya, yang disesuaikan dengan usia dan taraf perkembangan anak. Meskipun dalam praktiknya tak sedikit orang tua yang selalu mengaitkan disiplin dengan hukuman. Apabila anak tidak mematuhi aturan maka akan dihukum, dijewer dan sebagainya. Jika melatih disiplin dengan cara seperti itu maka yang terjadi anak akan patuh karena takut, bukan muncul atas kesadaran sendiri. Dan akibatnya anak akan melakukan pelanggaran jika orang tua tidak mengawasinya dan itu akan berdampak negatif pada perkembangan anak.

Cara melatih disiplin pada anak agar berhasil diperlukan kesabaran orang tua untuk menjelaskan mana yang boleh dan tidak, mana yang baik dan mana yang buruk, disertai penjelasan yang tepat dan disampaikan dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Dan bila Anda ingin mengenalkan disiplin sejak dini pada anak, sebaiknya penanaman disiplin harus dikaitkan dengan dunia anak, yaitu dunia bermain yang menyenangkan. Meskipun begitu anak tetap harus mendapat hukuman bila anak itu melakukan sebuah kesalahan, tapi hukuman harus disesuaikan dengan usia anak dan disertai penjelasan mengapa ia harus hukum. Hindari hukuman fisik, serta jangan lupa memberikan pujian jika anak melakukan hal yang positif. Bagaimanapun cara melatih disiplin pada anak harus dilakukan dengan penuh kasih sayang..!!!

>>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan