Tips untuk Memperoleh ketenangan Hati

Tips untuk Memperoleh Ketenangan Hati. Ketenangan Hati adalah sesuatu hal yang banyak diinginkan oleh hidup setiap     manusia, baik itu orang kaya, orang miskin, pria, wanita, tua dan muda semuanya pasti menginginkan yang namanya ketenangan hati. Di tengah hiruk  pikuk dan problematika dunia, kita semua seringkali mencari cara untuk memperoleh ketenangan dan ketentraman hati. Berbagai cara dilakukan manusia untuk memperoleh ketenangan hati, meskipun sebenarnya cara itu sendiri harus dilakukan dengan jalan yang benar tentunya agar ketenangan hati bisa diperoleh.

Tetapi yang disayangkan adalah tidak semua orang menempuh jalan yang lurus dan benar. Ada orang yang mencoba lari dari masalah dengan cara mengkonsumsi narkotika, minuman keras dan cara yang tidak benar lainnya. Meskipun semua itu hanya kesenangan sesaat yang bisa menjerumuskan kita pada perbuatan dosa serta dapat menimbulkan masalah yang baru. Sebenarnya kita tidak perlu memiliki harta yang melimpah untuk memperoleh ketenangan hati, karena faktanya tidak sedikit orang yang sudah memiliki harta melimpah, tetapi ia merasa batinnya tidak tenang karena takut jatuh miskin. Sebaliknya ada orang miskin yang meskipun hidupnya serba kekurangan, namun ia mampu memperoleh ketenangan hati dan bisa hidup bahagia.

Disadari atau tidak, ada hal-hal yang bisa mempengaruhi ketenangan hati seseorang diantaranya adalah ;

>> Perbuatan Yang Tidak Baik

pada saat kita melakukan perbuatan yang tidak baik atau suatu dosa, maka hati kita akan merasa tidak tenang atau tidak nyamam. Meskipun tidak semua orang yang bisa merasakan hal itu.

>> Pikiran / Cara Berpikir

Cara berpikir juga menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan tenang atau tidaknya hati kita. Misalnya saat kita menghadaapi suatu masalah, apabila kita berpikir negatif pada saat itu tentu hati kita akan cemas dan tidak tenang. Tetapi jika saat itu kita berfikir positif tentu hati kita akan merasa tenang. Begitu juga saat kita bertemu ketidakpastian hidup, dan kita terjebak dalam pemikiran kita yang terlalu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, tentu hati kita akan diliputi oleh kekhawatiran. 

>> Terlalu Cinta Pada Duniawi

Orang yang terlalu cinta pada duniawi, malah bisa menbuat hatinya tidak tenang. Hal itu disebabkan karena semakin tinggi kadar cintanya maka ia akan di hinggapi rasa takut kehilangan yang berlebihan. Akibatnya setiap saat dia tidak merasa tenang meskipun hidupnya serba kecukupan.

Untuk itu ada cara atau tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh ketentraman dan ketenangan hati, yaitu :

1. Mengingat Allah SWT

Untuk memperoleh ketenangan hati bukanlah hal yang mustahil. Allah SWT mengajarkan kepada kita cara untuk mendapat- kannya, yaitu dengan zikrullah ( mengingat Allah ). Mengingat Allah SWT disini tidak hanya sekedar lisan saja, tetapi harus dipraktekkan dengan perbuatan. Misalnya saat kita berzikir memohon ampunan kepada Allah SWT, maka hendaklah kita juga meresapinya didalam hati kita. Kemudian mempraktekkannnya dalam tindakan kita yaitu menjauhi larangannnya. Dengan selalu mengingat Allah SWT, Insya Allah kita akan terhindar dari perbuatan dosa serta terhindar dari penyakit hati yang bisa membuat ketengan hati kita hilang, akibatnya hidup kita juga tidak akan tenang.

2. Jangan Terlau Cinta Dunia

Orang yang terlau cinta pada dunia pastinya hidupnya pasti tidak tenang karena akan merasa takut kehilangan apa yang mereka cintai, apapun itu bentuknya. Akibatnya mereka akan sibuk dengan duniawinya daripada beribadah kepada Allah SWT. Oleh sebab itu pentingnya menamkan sikap rasa bersyukur atas rezeki dan karunia NYA apapun dan berapun yang diberikan oleh Allah SWT, kita akan merasa puas dan senang jika kita syukuri. Maka sekecil apapun yang kita terima, kita akan merasa bahagia.

Oleh sebab itu dengan kita memperbanyak mengingat Allah SWT dan Bersyukur atas segala nikmatnya, tentu merupakan jalan untuk memperoleh ketenangan hati. Dua kunci inilah yang dapat menghindarkan kita dari rasa kegelisahan. Apabila kita sudah memperoleh ketenangan hati, niscaya kita dapat menjalani hidup dengan tentram bahagia.

>>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Description: Tips untuk Memperoleh ketenangan Hati ItemReviewed: Tips untuk Memperoleh ketenangan Hati
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: