Manfaat dan Khasiat Daun Mangkokan bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Mangkokan bagi Kesehatan. Apakah anda sudah tahu apa itu daun mangkokan? daun mangkok Mungkin anda sudah pernah melihatnya, tapi anda tidak pernah memperhatikannya. Nama Mangkokan diambil dari bentuk daunnya yang memang mirip seperti mangkok, oleh sebab itu  masyarakat sering menyebutnya Daun Mangkokan. Dalam bahasa latin daun mangkokan disebut dengan Nothopanax scutellarium, daun ini berwarna hijau tua, pangkalnya berbentuk hati dan tepinya bergerigi. Tanaman ini tumbuh secara liar, biasanya kita bisa menjumpainya ditepi sawah atau kadang juga dipakai sebagai tanaman pagar seperti tumbuhan beluntas. Tidak hanya itu, ternyata daun mangkokan punya manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita.

Daun mangkokan muda, enak juga untuk dimakan, disebagian daerah biasanya dijadikan sebagai lalapan bersama sambal atau dijadikan bahan campuran dalam berbagai masakan seperti gulai otak, gulai ikan, campuran pepes, pecel serta bisa juga dibuat rempeyek. Tetapi entah sejak kapan, daun mangkokan mulai dimanfaatkan, baik itu sebagai obat herbal, bumbu dapur juga tanaman hias. Daun mangkokan mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C. Selain itu daun mangkokan juga memiliki alkaloida, saponin, flavonoida dan polifenol. Oleh sebab itu banyak manfaat dan khasiat daun mangkokan yang bisa kita ambil untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dan khasiat daun mangkokan bagi kesehatan :

1. Menyuburkan Rambut/ Mencegah Kerontokan

Bagi anda yang punya masalah dengan rambut rontok, cobalah memakai ramuan ini, Ambil beberapa daun mangkokan yang sudah tua tapi masih segar. Setelah dicuci, haluskan dan campur dengan minyak kelapa hingga rata. Lalu saring dan peras, nah hasil perasan itulah yang bisa dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat dan biarkan hingga mengering, setelah itu cuci bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin agar rambut tidak mudah rontok dan tentu saja rambut anda menjadi subur.

2. Menyembuhkan Luka

Untuk menyembuhkan luka caranya mudah, yaitu haluskan daun mangkokan yang masih segar, setelah itu baru oleskan pada luka dan balut agar lebih meresap. Lakukan hal itu hingga lukanya sembuh.

3. Menyembuhkan Radang Payudara

Radang payudara biasanya terjadi pada ibu yang menyusui, dan itu akan sangat menyiksa karena sekujur tubuh rasanya seperti demam dan sangat mengganggu aktivitas para ibu. Untuk itu cara mengatasinya adalah ambil beberapa daun mangkokan tua yang masih segar, cuci bersih lalu diremas-remas kemudian campur dengan minyak kelapa dan kunyit yang sudah diparut, lalu panaskan dengan api sebentar. Setelah hangat-hangat kuku lalu oleskan pada bagian payudara yang ,bengkak. Lakukan hal itu secara rutin hingga radang payudara anda sembuh.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun mangkokan bisa juga untuk melancarkan buang air kecil, caranya rendam daun mangkokan dengan air panas. Diamkan sebentar hingga hangat kemidian kompreskan pada perut bagian bawah.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun mangkokan bagi kesehatan, bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya sebagai alternatif pengobatan penyakit yang mungkin anda alami. Karena bagaimanapun pengobatan secara herbal tentu lebih baik dari pengobatan lainnya, selain itu tidak menguras kantong karena tidak perlu biaya yang mahal. SEMOGA BERMANFAAT……!!!!!

@@@@ BE HEALTHY BE HAPPY @@@@

Description: Manfaat dan Khasiat Daun Mangkokan bagi Kesehatan ItemReviewed: Manfaat dan Khasiat Daun Mangkokan bagi Kesehatan
Related Posts with Thumbnails
Comments
2 Comments

2 comments:

khasiat daun sirsak mengatakan...

trims buat infonya, lumayan nih buat referensi.

izul mengatakan...

bener sobb ini merupakan salah satu referensi bagi pecinta herbal . . .!!!