Tips dan Trik agar Gigi Anak Tak Rapuh

Tips dan Trik agar Gigi Anak Tak Rapuh. Gigi anak yang goyag, patah, keropos dan akhirnya lepas sendiri, mungkin gigi bagi kebanyakan orang tua hal itu dianggap wajar. Padahal sebenarnya gigi yang tanggal, patah dan keropos sebelum waktunya bisa jadi itu adalah tanda-tanda kalau gigi anak rapuh. Dan faktanya tak banyak orang tua yang mengetahui hal ini. Gigi yang rapuh pada anakk disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya asupan makanan yang bergizi selama bayi dalam kandungan. Hal tersebut bisa menyebabkan gigi tidak terbentuk dengan sempurna.
Apabila gigi tidak terbentuk dengan sempurna maka bisa menyebabkan gigi anak menjadi mudah terkikis dan rusak. Selain itu gigi rapuh juga disebabkan oleh konsumsi obat-obatan dalam dosis yang tidak tepat selama hamil. Yang perlu diketahui bahwa ada sejenis antibiotik seperti tetrasiklin yang sangat mempengaruhi kesehatan gigi. Gigi jadi kuning kecoklatan dan rapuh. Gigi adalah alat pengunyah makanan dan apabila gigi rusak atau rapuh maka proses mengunyah makanan tidak berjalan sempurna. Hingga akhirnya usus tidak bisa menyerap zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan.
Keadaan itu bisa menyebabkan sakit perut, sembelit dan yang lebih parahnya lagi bisa mengganggu proses pertumbuhan anak karena zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak diserap dengan sempurna. Meski demikian gigi rapuh pada anak sebenar nya bisa dicegah dengan melakukan berbagai cara, berikut tips dan trik agar gigi anak tidak rapuh :
** Sebelum Gigi Terbentuk ( selama dalam kandungan )
Hal ini sangat perlu dilakukan saat anak masih dalam kandungan ibunya, karena gigi rapuh bisa dicegah jauh sebelum gigi terbentuk. Yaitu dengan cara mengkonsumsi zat bergizi yang penting selama ibu mengandung, seperti :
1. PROOTEIN >> Karena protein adalah zat pembangun yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Dan sumber protein terbaik adalah, susu, daging, ikan, telur dan kacang.
2. KALSIUM >> Kalsium adalah zat gizi yang juga penting untuk pertumbuhan gigi. Kalisum bisa diperoleh dari susu dan produk turunannya, ikan, sayuran hijau dan kacang-kacangan.
3. MAGNESIUM >> Sebenarnya magnesium dibutuhkan dalam jumlah sedikit dalam tubuh. Meskipun begitu mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan gigi. Mineral ini banyak dijumpai pada ikan, sayuran hijau dan kacang-kacangan.
4. POTASIUM >> Potasium ini cukup berperan penting bagi pertumbuhan gigi. Dan mineral ini banyak terdapat pada keju, susu dan sayur-sayuran.
5. SENG >> seng juga dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan mineral ini terdapat pada daging, hati ikan dan gandum.
6. ZAT BESI >> Zat besi sangat penting untuk proses pembentukan sel darah merah yang sangat penting untuk membantu proses penyerapan zat gizi dan suplai oksigen ke sel-sel tubuh. sehingga proses tumbuh kembang, termasuk gigi bisa tumbuh dengan baik. Zat besi terdapat pada bayam, roti gandum dan kacang-kacangan.
7. FLUORIDE >> Fluoride penting untuk pembentukan dan memelihara kesehatan gigi. Fluoride bisa diperoleh dari makanan, air minum, pasta gigi dan dari suplemen.
8. FOSFOR >> Fosfor berguna untuk menguatkan gigi, meskipun fosfor diperlukan dalam jumlah sedikit oleh tubuh. Fosfor bisa diperoleh dari keju, susu, daging sapi dan beras.
** Setelah Gigi Terbentuk
Untuk menghindari gigi rapuh pada anak, begitu gigi anak mulai tumbuh atau muncul, rawatlah kebersihan giginya. Yaitu dengan cara ;
- Selalu bersihkan sisa susu yang ada di mulut dan giginya.
- Hindari memberikan makanan yang manis dan asam, karena email gigi akan mudah terkikis oleh kedua jenis makanan tersebut.
Gigi rapuh tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, tetapi batita pun bisa mengalaminya. Karena efek yang akan ditimbulkan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya, sebaiknya anda sebagai orang tua harus lebih pintar dalam mengatasi dan mencegahnya terutama saat anda hamil, usahakan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Setelah gigi anak tumbuh rawatlah gigi anak dengan baik, meskipun itu bukan gigi permanen. Untuk itu anda sebagai orang tua  juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat gigi bayi, untuk mengetahuinya silahkan KLIK DISINI agar anda bisa lebih maksimal, saat merawat gigi anak. SEMOGA BERMANFAAT….@@@@
Description: Tips dan Trik agar Gigi Anak Tak Rapuh ItemReviewed: Tips dan Trik agar Gigi Anak Tak Rapuh
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: