Manfaat dan Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan. KELOR…..Mungkin karena saking populernya daun kelor pada daun kelor jaman dahulu, hingga daun kelor dijadikan sebuah peribahasa yaitu ”Dunia tak selebar Daun Kelor”  dan itu mungkin karena daun kelor memang mempunyai ukuran yang kecil sehingga dalam peribahasa tersebut mengingatkan kita untuk tidak putus asa karena dunia ini memang luas dan luasnya tentu saja tak sekecil daun kelor. Kelor sendiri adalah sejenis tumbuhan yang mempunyai batang yang tinggi sekitar 7-11 meter. Nama daun kelor diambil dari nama pohonnya itu tadi, kelor juga mempunyai buah yang berbentuk segitiga memanjang yang diberinama Klentang. Baik daun ( daun yang masih muda ) maupun buah dari kelor bisa dimasak sebagai sayur. Selain digunakan sebagai sayur, daun kelor juga punya manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.
Sayangnya saat ini kelor sudah jarang ditemui baik itu berupa pohon atau pun yang sudah siap dijual dipasar tradisional. Dan kalupun ada,  mungkin tidak semua orang tahu kalau daun kelor bisa dibuat sayuran. Hal ini dikarenakan disebagian daerah, khusus nya didaerah saya yaitu Kediri ( mungkin tidak semua daerah kediri juga ), disini kelor merupakan tanaman yang digunakan untuk memandikan orang mati. Awalnya hal ini dipercaya untuk merontokkkan ilmu-ilmu yang dimiliki oleh orang yang meninggal tadi. Tapi lama kelamaan hal ini sudah menjadi tradisi, baik orang mati tadi punya ilmu atau tidak, mereka tetap memandikan orang mati dengan daun kelor. Sehingga orang didaerah saya tidak ada yang mengkonsumsi daun kelor.
Fakta yang sesungguhnya daun kelor mempunyai manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan organisasi dunia seperti WHO ( organisasi kesehatan dunia ) menganjurkan agar bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Dan juga dinegara lain seperti India sudah sejak lama menggunakan daun kelor sebagai obat untuk mencegah dan mengobati sebanyak 300 jenis penyakit yang ada. Berikut beberapa manfaat dan khasiat daun kelor bagi kesehatan :
1. Meningkatkan metabolisme tubuh
2. Meningkatkan struktur sel tubuh
3. Menyegarkan mata dan otak
4. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
5. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
6. Meningkatkan energi
7. Antioksidan yang bermanfaat bagi kecantikan
8. Mendukung kadar gula normal tubuh
9. Bersifat anti peradangan
10. Melancarkan pencernaan
Dengan mengkonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi. Disamping itu daun kelor juga bisa mengatasi keluhan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral seperti gangguan pada mata, penumpukan lemak dan liver, beri-beri, kulit kering dan pecah-pecah juga bagi penderita anemia. Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi daun kelor, mungkin memang tidak se-populer sayur bayam atau wortel, tetapi nilai gizinya tidak kalah dengan sayuran yang lebih populer tadi. Bagaimana masih takut untuk konsumsi daun kelor ??? BE HEALTHY BE HAPPY…..!!!!
Description: Manfaat dan Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan ItemReviewed: Manfaat dan Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: