Tips Sederhana Menjaga keutuhan Rumah Tangga

Tips Sederhana Menjaga Keutuhan Rumah Tangga. Pasangan suami istri mana yang tidak ingin rumah tangga nya pasangan utuh sampai kakek nenek dan umur yang memisahkan ? Semua pasangan pasti menginginkan keutuhan rumah tangga nya. Kalau ada yang bilang tidak berarti orang itu mengalami kelainan jiwa alias stress. Meskipun begitu menjaga keutuhan rumah tangga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena membutuhkan pengertian dari masing-masing pihak, sikap saling menyayangi dan saling percaya adalah kuncinya. Jika seseorang menyayangi pasangannya tentu dia akan berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang akan menyakiti pasangannya. Dan rasa saling percaya juga akan menghilangkan rasa kecurigaan dan pikiran-pikiran yang negatif tentang pasangannya. Apabila dua hal tersebut ada, maka keutuhan rumah tangga kemunkinan besar akan terjaga.

Dalam sebuah perkawinan kadang bisa membuat salah satu pasangan menjadi tidak nyaman karena beberapa hal yang dilakukan oleh pasangannya tidak sesuai dengan keinginannya. Disinilah penting nya komukasi diantara pasangan. Sebenarnya ada tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga keutuhan rumah tangga, diantaranya :
1. Buatlah Komitmen
Untuk menjadikan perkawinan menjadi kuat, buatlah komitmen tentang apa yang menjadi keinginan berdua dan bagaimana cara untuk meraihnya. Dengan adanya komitmen tersebut pasangan bisa memiliki tujuan dalam menentukan arah rumah tangga.
2. Lupakan Kemarahan Anda
Dalam sebuah rumah tangga tentu ada saja masalah-masalah yang akan timbul. Yang mungkin akan memicu sebuah pertengkaran, hadapi masalah tersebut dengan kepala dingin jangan dengan kemarahan dan ajak pasangan untuk segera menyelesaikan agar tidak menjadi berlarut-larut.
3. komunikasi
Biasanya karena kesibukan masing-masing, kadang suami istri tidak ada waktu untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu disela-sela waktu yang ada carilah bahan pembicaraan yang bisa mencairkan suasana. usahakan untuk mendengarkan segala sesuatu yang disampaikan oleh pasangan, dan berilah pendapat atau nasihat jika diinginkan.
4. Lihatlah Sisi Baik Pasangan
Ingat kembali alasan anda untuk menikah dengan pasangan anda. Tentunya karena adanya beberapa kebaikan yang dimiliki oleh pasangan anda hingga anda memilih dia sebagai pendamping hidup anda. Oleh karena itu meskipun kadang ada sikap-sikapnya yang kurang menyenangkan atau tidak sesuai dengan kemauan anda. Dengan mengingat kebaikannya tentu anda akan berpikir dua kali untuk berpisah dengan pasangan anda.
5. Sempatkan Pergi Berdua
Dengan padat nya jadwal yang dimiliki, baik itu jadwal dikantor ataupun urusan rumah tangga. Jangan sampai melupakan kesenangan bersama pasangan anda. Aturlah waktu untuk pergi berdua tanpa anak-anak. Meskipun hanya sekedar keliling dengan motor atau mobil, atau paling tidak sekedar berjalan-jalan berdua. Sehingga bisa mengingatkan kembali saat-saat indah dimasa lalu agar perasaan cinta yang telah pudar bisa bersemi kembali dan bisa membuat rumah tangga menjadi lebih baik untuk kedepannya.
6. Jangan lupa Berikan Pujian
Berikan pujian saat pasangan melakukan kebaikan. Karena hal itu adalah salah satu kunci untuk mempertahankan perkawinan. Karena pujian bisa memberikan perasaan bangga dan perhatian pada orang yang dipuji. Tetapi perlu diingat, jangan memberikan pujian yang terlalu mengada-ada hingga sepertinya malah seperti dibuat-buat atau tidak dengan tulus saat memberikan pujian.
7. Nikmatilah Setiap Waktu yang Ada
Biasanya pada saat tahun pertama menikah, rasanya betapa indah dan dunia seperti milik berdua. Tetapi begitu menginjak beberapa tahun hal itu jadi memudar. Hal ini juga bisa memicu hancurnya sebuah rumah tangga. Oleh sebab itu ciptakan suasana romantis yang mengingatkan saat-saat indah waktu pertama menikah. Sehingga kemesraa dengan pasangan tetap terjaga meskipun meskipun sudah bertahun-tahun berumah tangga.
8. Bersikaplah Manis
Mungkin ini terkesan terlalu mengada-ada atau istilah jaman sekarang lebay. Tapi hal ini perlu dilakukan agar keutuhan dalam rumah tangga tetap terjaga. Karena terkadang tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang menyakiti pasangan atau tanpa kita sadari mempelakukan pasangan kita dengan kasar.  Oleh sebab itu dengan bersikap manis mungkin bisa menghindarkan kita dari perbuatan-perbuatan yang akan menyakiti pasangan kita.

Dengan cara-cara sederhana diatas, semoga anda bisa melakukannya hingga keutuhan rumah tangga akan tetap terjaga. Sebuah pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan kalau bisa hanya terjadi seumur hidup. Yang terpenting adalah adanya kemauan dari pasangan itu sendiri untuk mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Jika begitu tentu keutuhan rumah tangga akan tetap terjaga.
Description: Tips Sederhana Menjaga keutuhan Rumah Tangga ItemReviewed: Tips Sederhana Menjaga keutuhan Rumah Tangga
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: