Tips Menjaga Kesuburan bagi Wanita.

Tips Menjaga Kesuburan pada Wanita. Apakah anda ingi tahu bagaimana cara menjaga kesuburan bagi wanita??  stres Memang soal kesuburan tidak melulu pada wanita, tetapi pria pun mempunyai masa kesuburan. Tetapi disini yang akan kita bahas adalah cara atau tips menjaga kesuburan bagi wanita. Masa subur wanita berada pada kondisi baik saat wanita berusia antara 23-35 tahun. Setelah wanita menginjak usia diatas 35 tahun, tingkat kesuburannya mulai menurun. Bukan berarti usia diatas 35 tahun tidak mempunyai kemungkinan untuk hamil. Hanya kemungkinan untuk hamil menjadi semakin tipis.

 

Bagi pasangan subur peluang untuk mempunyai keturunan amatlah tinggi. Jika pasangan yang sudah menikah selama satu tahun masih belum juga mempunyai keturunan meskipun tidak mengikuti KB, maka itu disebut pasangan yang tidak subur. Jika pasangan belum juga mendapat keturunan, hal itu bukanlah kesalahan suami atau istri. Maksudnya salah satu pihak tidak bisa dipersalahkan, mungkin ada faktor-faktor yang membuat hal itu terjadi. Antara lain faktor kesuburan itu sendiri. Untuk itu menjaga kesuburan amatlah penting agar peluang untuk mempunyai keturunan bisa terwujud. Sebanarnya ada banyak cara menjaga kesuburan pada wanita, contohnya :

>> ATASI STRES

Karena stres bisa memicu adrenalin yang berlebihan yang bisa menghalangi siklus mentruasi. Tingkat adrenalin yang tidak terkontrol akan akan menghalangi progesteron melakukan tugasnya, yaitu menunda ovulasi dan yang lebih buruk lagi, akan menghentikan sirkulasi secara menyeluruh.

>> LAKUKAN CHECK UP REGULER

Dengan melakukan check up akan terdeteksi penyakit-penysakit seksual, contohnya adanya CHLAMYDIA, yang menjadi penyebab utama ketidak suburan. Salah satu nya melakukan papsmear secara teratur.

>> KURANGI KAFEIN

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi 4-5 cangkir perhari beresiko tiga kali lebih lama hamil dari pada yang tidak minum kopi. Hal itu dikarenakan kafein akan memperlambat penyerapab nutrisi yang diperlukan tubuh dan juga bisa menhasilkan adrenalin yang akan mengganggu ovulasi dan menstruasi.

>> PERHATIKAN BERAT BADAN

Karena obesitas bisa menekan ovarium dan tuba falopii, sehingga akan mempersulit melahirkan. Disamping itu obesitas dapat mengubah keseimbangan hormonal dalam tubuh.

>> ATUR POLA MAKAN

Karena apabila kekurangan vitamin atau mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan B komplek sangat penting untuk pembentukan dan pengaturan hormonal. semua itu bisa terpenuhi dengan pola makan yang teratur. Makanlah  dengan menu makanan sehat dan seimbang.

 

Untuk menjaga kesuburan bagi wanita yang terpenting adalah kemauan untuk melakukannya. Tetapi tidak bisa hanya dengan kemauan saja, harus dilakukan dengan tindakan agar apa yang kita harapkan bisa terwujud. Itulah sebabnya menjaga kesuburan bagi wanita sangat penting. Karena keturunan adalah salah satu bagian penting pada sebuah rumah tangga atau keluarga. Jika semua itu sudah dilakukan dan belum berhasil, maka segeralah konsultasi ke dokter ahli. Semoga Bermanfaat…!!!

 

Tambahkan Komentar Sembunyikan