Tips Mencegah Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Tips Mencegah pertengkaran dalam rumah tangga. Sesekali wajar bila dalam sebuah rumah tangga terjadi bertengkar sebuah pertengkaran. Karena rumah tangga terbentuk dari pernikahan, sedangkan pernikahan adalah bersatumya dua pribadi yang berbeda, baik itu kebiasaan, prilaku dan keinginan dll. Oleh sebab itu jika terjadi pertengkaran, tergantung bagaimana pasangan itu menyikapinya. Kadang pertengkaran justru bisa membuat hubungan suami istri semakin mesra, meskipun ada juga pertengkaran yang bisa berakibat fatal, yaitu perceraian. Kalaupun itu terjadi mungkin karena masalah-masalah yang dihadapi sudah banyak dan menumpuk, tanpa dicarikan penyelesaian dan solusi satu persatu serta komunikasi dua belah pihak. Tetapi jika pasangan suami istri punya keinginan untuk menghindari atau mencegah sebuah pertengkaran tentunya akan menjadi faktor penting agar tidak terjadi pertengkaran dalam rumah tangga mereka.

Pertengkaran merupakan fenomena yang sulit dihindari dalam kehidupan rumah tangga. karena semakin dekat hubungan seseorang, potensi konflik atau pertengkaran akan semakin besar. Bisa juga karena seringnya orang bertemu, berhubungan dan berkomunikasi, maka dia akan lebih mudah mengexpresikan dirinya, baik itu mengenai perbedaan prinsip, pendapat dan pandangan serta lainnya dengan orang lain. Dan sebaliknya jika orang jarang bertemu maka potensi terjadinya konflik atau pertengkaran semakin kecil. Di tahun awal pernikahan, mungkin pertengkaran kecil sering terjadi karena masih dalam tahap penyesuaian. Pertengkaran itu harus dihadapi dengan kepala dingin dan hal tersebut bisa memperkuat pernikahan dan juga menambah kedewasaan masing-masing pihak.

Pertengkaran kecil memang kadang muncul dalam kehidupan suami istri, bahkan yang serasi pun pasti mengalami namanya perselisihan pendapat. Tapi yang perlu diingat jangan jadikan sebuah pertengkaran menjadi sebuah hobi. Jika ada masalah kecil selesaikan saat itu juga, komunikasikan dengan pasangan dengan cara baik-baik. Jangan jadikan masalah kecil jadi berlarut-larut yang ahirnya menimbulkan rasa tak nyaman dan kebencian terhadap pasangan. Dalam sebuah pertengkaran hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara masing-masing pasangan berdialog atau berkomunikasi. Karena sebuah dialog bisa menjadikan masalah itu selesai atau bahkan bertambah besar karena salah berdialog tadi. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat berdilaog dengan pasangan anda, agar tidak menimbulkan pertengkaran :
>>  Jangan sekedar menyalahkan, berusahalah untuk memberikan usulan atau solusi penyelesaian.
>>  Kemukakan hal-hal yang positif juga disamping hal-hal negatif yang akan dibahas.
>>  Dengarkan pasangan anda jika anda juga ingin didengarkan.
>>  Tidak saling berteriak saat berdialog.
>>  Cari kesepakatan terbaik yang bisa diterima oleh kedua belah pihak.
>>  Lakukan dialog dengan pikiran yang positif, tidak dengan kecurigaan atau tuduhan.

Pada saat sebelum berdialog yang terpenting adalah buat kesepakatan bahwa masing-masing pihak tidak akan saling melukai tapi akan mencari penyelesaian yang terbaik. Agar komunikasi berjalan lancar, berbesar hatilah untuk menerima pandangan dari pasangan. Berusaha pulalah untuk berpikir dari sudut pandang pasangan anda, dengan demikian akan lebih mudah memaklumi pasangan anda dan akan muncul sikap mau menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan anda. Dan hal itu akan meminimalkan bahkan bisa mencegah terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga. Dengan mengingat tujuan awal pernikahan niscaya pertengkaran tidak akan menjadi penghalang untuk melangkah menuju keluarga yang lebih baik dan bahagia selalu. SEMOGA BERMANFAAT…###@@##

Tambahkan Komentar Sembunyikan