Tips mencegah Dampak Buruk Tayangan misteri pada anak

Tip mencegah dampak buruk Tayangan misteri pada anak. Untuk mencegah dampak buruk tayangan misteri misteri pada psikologi anak adalah kewajiban sebagai orang tua. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua supaya dampak buruk itu tidak terjadi pada anak-anak mereka. Antara lain :

1. Selektif memilih tayangan misteri.

Jangan membiarkan anak-anak melihat tayangan-tayangan misteri yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Yaitu dengan cara mengarahkan anak untuk melihat film lain, misalnya film kartun. Mintalah bantuan anggota kelurga untuk mendukung cara anda demi sibuah hati. Usahakan tidak melihat tayangan misteri tersebut bila ada sikecil.

2. Temani sikecil nonton tayangan misteri.

Jika memang anda terpaksa membiarkan sikecil melihat tayangan misteri karena suatu hal, meskipun sudah dilarang. Sebab sudah menjadi sifat anak kecil, semakin dilarang semakin penasaran atau sifat yang selalu ingin tahu. Jadi meskipun mereka takut tapi mereka masih penasaran ingin melihat tayangan misteri. Apabila hal itu terjadi maka orang tua harus menemani sikecil menonton tayangan misteri. Dan jelaskan pada mereka bahwa kejadian dalam film tersebut adalah buatan manusia jadi mereka tidak perl takut.

3. jangan tunjukkan rasa takut.

Apabila saat menonton tayangan mesteri dengan sikecil, jika anda merasa takut. jangan tunjukkan ketakutan itu pada sikecil. Mengapa hal itu harus dilakukan??? Karena menurut sebuah penelitian, rasa tidak takut anda akan sangat membantu anak anda. Yang perlu diketahui adalah rasa takut yang dialami anak adalah dipengaruhi oleh lingkungan. Maka jika anda tidak takut, anak anda pun tidak akan merasa takut.

 

Itulah hal-hal yang sebaiknya orang tua lakukan untuk mencegah dampak buruk  tayangan misteri bagi anak. Ada baiknya sebagai orang tua memberikan aturan yang jelas dan konsisten kepada anak tentang waktu melihat televisi. Jangan membiarkan anak terlalu sering menonton tayangan misteri  yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Jika hal-hal dilakukan dengan baik kemungkinan orang tua bisa mencegah dampak buruk tayangan misteri pada anak.

Tambahkan Komentar Sembunyikan