Pengertian, Penyebab dan Gejala Demam Berdarah

Pengertian, Penyebab dan Gejala Demam Berdarah. Pengertian Demam berdarah adalah penyakit demam akut db yang disebabkan oleh virus Dengue, yang masuk kedalam peredaran darah manusia lewat gigitan nyamuk dari jenis Aedes, Yaitu Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Penyakit demam berdarah ini sering ditemukan didaerah tropis dan suptropis diseluruh belahan dunia. Demam berdarah akan mewabah pada saat udara lembab, terutama disaat musim hujan seperti sekarang ini. Dan parahnya lagi jika sistem imun sudah terbentuk akibat infeksi pertama justru akan menyababkan kemunculan gejala penyakit demam berdarah yang lebih parah saat terinfeksi untuk yang kedua kalinya.

>> PENYEBAB DEMAM BERDARAH

Penyebab demam berdarah yang utama adalah adanya virus dengue. Virus dengue ini dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu jenis Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus, dan Aedes aegypti merupakan vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan demam berdarah ini. Nyamuk ini dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut. sesudah masa inkubasi virus didalam nyamuk selama 8-10 hari, maka nyamuk yang terinfeksi dapat menyalurkan virus dengue tersebut kepada manusia yang sehat yang digigitnya. Selain itu nyamuk betina juga dapat menularkan virus dengue tersebut lewat telurnya. Dan yang perlu diketahui ternyata tingkat resiko terjangkit penyakit demam berdarah akan meningkat pada seseorang yang memiliki antibodi terhadap virus dengue akibat infeksi pertama. Disamping itu resiko terjangkitnya penyakit demam berdarah pada wanita jauh lebih tinggi, yaitu pada seseorang yang berusia kurang dari 12 tahun dan seseorang yang berasal dari ras kaukasia.

Virus dengue ini bisa menyebabkan beberapa jenis demam, berikut jenis-jenis demam berdarah dan gejala-gejala yang menyertainya, diantaranya yaitu :

>> Demam Biasa

>> Deman Berdarah ( Klasik )

Demam berdarah ini menunjukkan gejala-gejala yang umum dan berbeda-beda tergantung usia pasien. Gejala umum pada bayi dan anak-anak biasanya demam dan muncul ruam. Sedangkan pada usia remaja dan dewasa, gejalanya adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri dibelakang mata, nyeri pada tulang dan sendi, mual dan muntah, serta muncul ruam pada kulit. penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit ( keping darah ) biasanya juga sering terjadi. Dan pada beberapa epidemi, pasien juga mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah dan pendarahan hebat pada saat menstruasi.

>> Demam Berdarah ( Hemoragik )

Demam berdarah ini juga menunjukkan gejala sama seperti gejala pada demam berdarah klasik. Tetapi juga ditambah 4  gejala utama yaitu, demam tinggi, pendarahan hebat, pembesaran hati dan kegagalan sistim sirkulasi darah. Adanya kerusakan pembuluh darah, pembuluh limfa, pendarahan dibawah kulit yang membuat kulit menjadi kebiruan. salah satu karakteristik yang membedakan dengan demam berdarah klasik adalah terjadinya kebocoran plasma darah. Fase kritis 2-7 hari demam tinggi, dan terjadi penurunan suhu tubuh secara drastis, akan terus berkeringat, sulit tidur, dan terjadi penurunan tekanan darah. Apabila terapi elektrolit dilakukan dengan cepat dan tepat maka pasien dapat sembuh, dan bila tidak hal tersebut bisa menyebabkan kematian.

>> Syndrom Syok Dengue

Syndrom syok dengue ini adalah tingkat terinfeksi demam berdarah paling parah. Syndrom syok ini biasanya terjadi pasien yang sudah terinfeksi untuk kedua kalinya. Pada hal ini umumnya berakibat sangat fatal yang berujung pada kematian, terutama pada anak-anak apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat. Durasi syok ini sangat cepat . Tubuh yang dingi, sulit tidur dan sakit dibagian perut adalah tanda-tanda yang umum sebelum terjadi syok. Bila hal itu terjadi pasien akan meninggal dalam kurun waktu 12-24 jam setelah syok berlangsung, dan pasien akan sembuh apabila usaha terapi untuk mengembalikan cairan tubuh dilakukan secara cepat dan tepat. Mungkin sekitar 2-3 hari pasien yang telah melewati syok ini akan sembuh, dengan ditandai pengeluaran urine yang sesuai dan kembalinya nafsu makan.

Untuk menghindari terjangkitnya penyakit demam berdarah lakukan pencegahan disekitar lingkungan anda, yaitu dengan cara mengendalikan vektor nyamuk, antara lain menguras kamar mandi, menguras penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali, mengganti / menguras vas bunga dan tempat minum burung sekali seminggu, menutup rapat tempat penanpungan air, mengubur botol dan kaleng bekas disekitar rumah. Karena sampai saat ini belum ada obat yang spesifik bagi penyakit demam berdarah. Oleh sebab itu jika ada salah satu anggota kelurga mengalami demam yang berkepanjangan segera bawa ke Dokter untuk mencegah terjadinya demam berdarah dan segala sesuatu hal yang tidak diinginkan. karena apabila demam berdarah tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan fatal akibatnya. SEMOGA BERMANFAAT..@@@

Description: Pengertian, Penyebab dan Gejala Demam Berdarah ItemReviewed: Pengertian, Penyebab dan Gejala Demam Berdarah
Related Posts with Thumbnails
Comments
2 Comments

2 comments:

Kelambu Nyamuk mengatakan...

Mari cegah DBD dengan menggunakan kelambu nyamuk.

Kelambu Nyamuk
Anti Nyamuk

Tips kesehatan mengatakan...

ehm, Demam Berdarah itu salah satu gejalanya kan bintik-bintik merah kan gan? lalu gejala lainnya yang benar-benar merupakan gejala demam berdarah apa gan? ini saya mengalami bintik-bintik merah gan.
mohon pencerahannya, terima kasih.