Manfaat dan Khasiat Bawang Putih

Manfaat dan khasiat Bawang Putih. Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi b.pth yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih adalah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan nusantara. Selain itu ternyata bawang putih juga sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Bawang putih mentah mengandung senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut Alliin. Zat inilah yang membuat rasa bawang putih menjadi terasa getir atau langur. Tapi jangan salah meskipun begitu Bawang putih ternyata mengandung zat-zat yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Menurut beberapa penelitian ilmiah, bawang putih dinyatakan sebagai salah satu obat alamiah yang luar biasa. Karena bawang putuh mengandung lebih dari 100 bahan kimia biologis dan memiliki berbagai sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun begitu ada sebagian orang yang tidak menyukai bawang putih dengan alasan aromanya yang menyengat. Mungkin karena mereka belum mengetahui manfaatnya sehinnga mereka jadi alergi dengan bawang putih.

Berikut beberapa kandungan zat yang penting bagi kesehatan pada Bawang putih :
1. Minyak atsiri
2. zat Alicin dan Aliin
3. Sulfur
4. Zat orgonasulida
5. Bawang putih juga mengandung zat yang sangat penting untuk ibu hamil.

Selain manfaat diatas, bawang putih juga masih mengandung banyak mafaat bagi kesehatan tubuh kita. Yang mungkin kita tidak pernah menyangkanya, contoh manfaat bawang putih bagi kesehatan antara lain :
>> Menjaga kesehatan jantung
>> Membantu meningkatkan antibodi
>> Melindungi tubuh dari infeksi
>> Menjaga kesehatan telinga
>> Memperbaiki pencernaan
>> Memperbaiki sirkulasi darah
>> Membantu penyembuhan patah tulang
>> Meredakan flu dan batuk
Sedangkan manfaat bawang putih untuk kecantikan yaitu :
>>  Menyembuhkan jerawat
Caranya, oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada jerawat. Lakukan sampai jerawat kering.
>> Menghaluskan kulit wajah
Caranya, campur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan masker yang biasa anda pakai.
>> Melawan penuaan
Caranya, haluskan bawang putih dan campur dengan air dan oleskan pada wajah seminggu sekali.
>>  Menghilangkan bekas komedo
Caranya, haluskan bawang putih dan oleskan pada bekas komedo.
>> Mengurangi bekas luka
Caranya, oleskan bawang putih pada bekas luka. Karena antibakteri yang ada pada bawang putih bisa menyembuhkan dan mengurangi peradangan pada luka.

Meskipun di jaman seperti sekarang ini sudah banyak obat-obatan untuk berbagai penyakit, tetapi bila masih ada yang alami mengapa tidak pakai yang alami saja?? Contoh seperti bawang putih yang memberi manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Tentunya selain menyembuhkan juga lebih murah alias tidak menguras kantong. Mulai sekarang beralihlah ke yang alami karena lebih menyehatkan.  ”BE HEALTHY BE HAPPY ”

Tambahkan Komentar Sembunyikan