TIPS SUKSES MENGOLAH BERAS KETAN

Tips sukses mengolah ketan menjadi aneka jajanan. Mungkin semua orang sudah tahu khususnya para ibu pecinta kuliner nusantara. Bahan makanan dengan bentuk butiran menyerupai beras ini ada dua jenis yaitu KETAN HITAM dan KETAN PUTIH.

Beras dan ketan masih satu kelompok yaitu padi-padian meskipun begitu keduanya mempunyai perbedaan. Dilihat dari warnanya ketan lebih keruh dibanding beras, kalau kita olah ketan akan lebih lengket dan rasanya lebih legit. Karena ketan mempunyai kandungan amylopectin yang lebih banyak dari pada beras.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya mengolah ketan menjadi sukses :
1. Pilihlah ketan dan tepung ketan yang berkualitas. yaitu pilih ketan yang butirannya utuh, mengkilat dan tidak banyak campuran beras nya serta tidak berbau apek. Sedang untuk tepung ketan pilih warna yang tidak kusam dan tidak berbau apek.
2. Supaya ketan matang merata ( tidak ngletis ) sebaiknya rendam dahulu sebelum di olah minimal 3 jam, lebih baik lagi semalam. Terutama ketan hitam, jika tidak direndam dahulu maka ketan hitam tidak akan menyatu jika diberi campuran ketan putih pada saat dikukus.
3. Jenis ketan dan lamanya perendaman berpengaruh terhadap penggunaan air. Karena itu masukkan air sedikit demi sedikit sampai dirasa cukup.
4. Gunakan selalu air hangat untuk membuat adonan berbahan tepung ketan agar adonan rata dan tidak menggumpal.
5. Jika anda ingin membuat kue yang renyah, jangan biarkan terlalu lama campuran tepung dan bahan cair agar butiran tepung tidak menyerap cairan dan mengembang.
6. Untuk membuat kue kering goreng berbahan tepung ketan mulailah menggoreng dengan minyak dingin dan masak diatas api sedang agar kue matang dan bentuknya menjadi bagus.

Dengan tips diatas anda bisa memulai membuat berbagai macam olahan kue dengan bahan ketan. Baik itu kue basah, kue kering bahkan tape ketan untuk dihidangkan pada keluarga tercinta. Jangan takut gagal kalau anda ingin mencobanya...!!!! " GOOD LUCK " 

Tambahkan Komentar Sembunyikan