TIPS MERAIH KESUKSESAN HIDUP

Tips meraih kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat. Kita sebagai umat islam meyakini bahwa orang yang beriman adalah orang yang berusaha ingin sukses dalam kehidupannya ( sukses hakiki), yaitu sukses yang dicapai didunia dan sukses yang dicapai di akhirat sebagai bekal kita nanti. Tidak pandang bulu Apapun posisi, kedudukan, dan profesinya pasti mereka ingin sukses.

Tanpa kita sadari seruan untuk menuju kesuksesan dan kemenangan ini dikumandangkan pada setiap adzan ketika kita hendak melaksanakan sholat lima waktu, yaitu pada kalimat " hayya 'alal-falaah " yang berarti mari kita raih kesuksesan dan keberhasilan. Dengan demikian jelas lah sudah dalam ajaran agama kita,  hendaknya kita meraih kesuksesan tentu dengan cara yang sesuai dengan agama kita, yaitu tidak dengan menghalalkan segala cara dalam meraih kesuksesan terutama untuk meraih kesuksesan dunia. Karena kadang manusia sering dibutakan oleh hawa nafsunya untuk meraih kesuksesan itu sendiri.

Dalam hal ini perlu kita sadari bahwa kesuksesan dalam ajaran islam bukanlah semata mata pada aspek materi dan bukan pula hanya aspek rohani. Bukan pula aspek hablumminallah ( dengan Allah ) hingga kita mengabaikan hablumminnas ( hubungan dengan manusia ) atau bahkan sebaliknya. Tapi islam mengajarkan keseimbangan antara keduanya ( tawazun ), yaitu saling melengkapi dan saling mengisi.

Adapun jalan meraih kesuksesan menurut Prof.Dr.KH.Didin Hafidhuddin antara lain, seperti yang diungkapkan dalam QS. Almukminun (23):1-11 yaitu :
1. Tegakkan sholat dengan penuh kekhusyukan dengan menjadikan sholat sebagai kebutuhan utama  disamping sebagai kewajiban. Artinya, jadikanlah sholat sebagai media utama untuk meraih pertolongan      
dan ridho dari Allah SWT.
2. Mampu menghindarkan diri dari ucapan dan tindakan yang tidak ada manfaatnya. Artinya, berusaha memiliki etos kerja dan produktivitas yang tinggi, serta melakukan yang terbaik dalam bidang keahliannya. Sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.
3. Selalu berusaha mengeluarkan sebagian hartanya untuk kaum dhuafa baik itu dalam bentuk zakat, infaq, sodaqoh dan lainya. Supaya terbentuk moral dan etika dalam mencari rezeki. Yaitu hanya rezeki halal dan barokah yang ingin ia dapatkan.
4. Mampu menjaga akhlak da kehormatannya dalam pergaulan dengan lawan jenis. sehingga selalu terjaga hati, pikiran dan raganya. Dan dalam situasi apapun dia bisa mengontrol hati nya agar tidak terjerumus dalam lobang kemaksiatan.
5. Selalu menjaga amanah dan janjinya. Kita harus menyadari bahwa segala ilmu pengetahuan dan harta yang kita punya adalah amanah dan titipan Allah SWT yang akan kita pertanggung jawabkan kelak di hadapan-Nya. Dengan begitu seseorang tidak akan melakukan segala cara untuk meraih kenikmatan dunia yang hanya sementara.

Itulah beberapa cara untuk meraih kesuksesan hidup, semoga bermanfaat dan dapat menjadi pedoman dalam mengaplikasikan dan mengimplentasikan dalam setiap langkah meraih kesuksesan hidup. Niat yang ikhlas serta dilandasi dengan ketaqwaan dan keimanan adalah kunci sukses yang sebenarnya..!! 



Tambahkan Komentar Sembunyikan