TIPS MENJAGA SEBUAH PERSAHABATAN

Tips menjaga sebuah persahabatan....!!!! Apa arti sebuah persahabatan....?????  Sahabat atau teman adalah seseorang yang selalu mendukung kita apapun kondisinya baik itu suka atau duka, miskin atau kaya, sehat atau sakit serta selalu ada disaat kita membutuhkannya. Mungkin kelihatan mudah untuk menjalin sebuah persahabatan tapi tak semudah yang dibayangkan...!!

Dalam islam sendiri sudah memberikan batasan-batasan yang jelas dalam pertemanan. Karena arti seorang sahabat atau teman memiliki pengaruh yang besar sekali. Dan dalam islam juga mengingatkan agar kita hati-hati dalam memilih teman. Hendaknya memilih teman karena akhlak/tabiat nya bukan dari harta atau jabatannya. Karena sahabat/teman yang baik adalah teman yang bisa membawa kita kearah kebaikan dunia dan akhirat.

Persahabatan yang menjamin dunia & akhirat adalah persahabatan yang dijalin semata-mata demi kebaikan karena Allah SWT. bukan untuk mendapatkan materi, jabatan atau kenikmatan dunia lainya. Jika persahabatan sudah berjalan, cobalah anda cermati apakah sahabat anda benar-benar ingin bersahabat dengan anda murni dan tulus dari hatinya??? Jangan sampai seorang sahabat malah menjerumuskan anda pada hal-hal yang bersifat negatif atau malah akan menghianati anda, jangan sampai persahatan yang dijalin membuat salah satu pihak menjadi menderita.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi sahabat yang baik agar persahabatan tetap terjaga Berikut ini diantaranya : 
** Selalu bersikap lemah lembut dan saling memberi hadiah, meskipun tidak berupa materi cukup dengan senyuman dari sahabat, hatinya akan merasa tentram. Karena senyuman akan menghilangkan kedengkian dan kebencian. 
** Saling memberi nasihat. Keterbukaan sangatlah penting dalam sebuah persahabatan. Maksudnya adalah selalu mengingatkan dalam hal kebaikan dan bila sahabat melakukan kesalahan tegur dia dengan baik dengan tetap berhati-hati dalam bicara agar persahabatan tetap terjaga.
** Berlapang dada & berbaik sangka. Orang yang berlapang dada adalah orang yang pandai memahami keadaan dan sikap orang lain. Baik itu menjengkelkan atau menyenangkan. Serta selalu berbaik sangka atau bersikap positif terhadap sahabat karena sikap ini akan menjauhkan kemungkinan sebuah permusuhan.
** Menjaga rahasia. Setiap orang pasti punya rahasia yang tidak ingin diketahui oleh semua orang. Pada umumnya rahasia akan diceritakan hanya kepada sahabat/teman terdekat. Nah sahabat sejati adalah teman yang bisa menjaga rahasia temannya.

Persahabatan itu kadang melebihi dari hubungan kekeluargaan. Oleh karena itu pandai-pandailah memilih sahabat. Karena sahabat akan menjadi saudara yang saling mengasihi, saling membantu dan saling mengingatkan hingga akhirnya persahabatan akan membawa kebaikan di akhirat kelak. " BEST FRIEND FOREVER " 









Tambahkan Komentar Sembunyikan