TIPS KEMBALI BEKERJA SETELAH CUTI BERSALIN

Tips kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Melahirkan seorang bayi sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita. Bagaimana jika yang melahirkan seorang wanita karir atau wanita yang bekerja. Tentu akan menjadi pertimbangan lagi bagaimana caranya agar setelah melahirkan bisa kembali bekerja seperti biasanya tanpa mempunyai perasaan was-was saat meninggalkan si buah hati.

Berikut beberapa tips agar ibu bisa kembali bekerja setelah cuti melahirkan selesai. Antara lain :
1. PERSIAPKAN DIRI
Artinya sebelum kembali bekerja, persiapkan diri anda untuk bisa kembali konsentrasi lagi dalam bekerja. gunakan waktu yang tersisa ( cuti yang ada ) untuk menyusui dan merawat sikecil hingga anda benar-benar siap meninggalkan sikecil dirumah.
2. EVALUASI STANDAR 
Anda harus bisa menerima keadaan bahwa anda harus meninggalkan sikecil untuk bekerja. Tidak usah bersedih atau merasa bersalah, karena anda mungkin tidak sama dengan ibu yang lain yang bisa 24jam menjaga sikecil. Jika merasa tidak nyaman dengan kondisi kejiwaan, anda bisa berkonsultasi dengan seorang  psikiater atau paling tidak dengan suami anda.
3. JAGA KOMUNIKASI DENGAN ORANG RUMAH
Mungkin anda tidak bisa konsentrasi penuh dalam bekerja karena ada sikecil. Untuk itu usahakan komunikasi dengan orang yang ada dirumah untuk menanyakan kabar sikecil. Atau taruhlah foto sikecil dimeja kerja anda. Supaya bisa membangkitkan semangat anda dalam bekerja.
4. LATIH BAYI MINUM ASI DARI BOTOL
Sebelum anda mulai bekerja latih anak minum asi dari botol atau dengan sendok. Agar dia sudah biasa nantinya setelah anda mulai meninggalkannya. selain itu setelah asi di perah simpan dalam tempat higeenis, dan jika anak membutuhkannya orang rumah tinggal menuangkannya.
5. ATUR WAKTU DENGAN BAIK
Bekerja dan mengasuh anak adalah dua hal yang membutuhkan pengaturan waktu dengan baik. Anda harus bisa memilih mana yang lebih utama untuk dilakukan terlebih dahulu agar anda tidak terjadi benturan.
6. SIAPKAN PENGASUH
Cari pengasuh bayi jauh hari sebelum anda mulai bekerja. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dan melihat bagaimana cara pengasuh tadi memperlakukan bayi kita. Agar kita tenang saat mulai bekerja.
7. MANFAATKAN BANTUAN
Jangan mencoba menangani sendiri semua masalah dirumah. Terimalah bantuan dari suami, keluarga atau teman anda. Bila perlu mintalah saran dari teman yang sudah mengalami hal yang sama sebagai bahan pertimbangan.
8. SISAKAN WAKTU UNTUK DIRI ANDA
Sesibuk apapun anda, sebaiknya anda tetap punya waktu untuk diri anda sendiri. Gunakan waktu yang ada untuk beristirahat agar tubuh dan pikiran kembali segar.
9. PISAHKAN PIKIRAN 
Ketika berada dikantor usahan fokus pada pekerjaan. Sedang waktu dirumah usahakan untuk sejenak melupakan masalah yang ada dikantor. Dengan begitu anda akan terhindar dari stress dan bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan perasaan yang senantiasa gembira.     

Itulah beberapa tips supaya anda bisa kembali bekerja dengan tenang meskipun meninggalkan sikecil dirumah. Bagaimanapun anda adalah seorang ibu jadi meskipun anda bekerja anda tetap harus bisa mencurahkan kasih sayang bila anda berada dirumah. AYO SEMANGAT...!!!


Tambahkan Komentar Sembunyikan