PENGERTIAN DAN MANFAAT VITAMIN

VITAMIN adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organik yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin memiliki peranan penting bagi tubuh meskipun tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. Karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya. Gangguan kesehatan ini biasanya disebut AVITAMINOSIS.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh kembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K dan B. Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya bisa memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Oleh karena itu tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan, buah-buahan dan sayuran yang terkenal memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi. Asupan vitamin yang lain dapat diperoleh dari suplemen multivitamin.

Banyak orang beranggapan bahwa suplemen multivitamin dapat menambah nafsu makan pada anak. Padahal
sebenarnya anggapan itu salah. Untuk mengatasi masalah nafsu makan dan daya tahan tubuh sebaiknya diberikan suplemen vitamin yang mengandung curcuma atau temulawak. karena temulawak telah teruji secara medis mampu meningkatkan nafsu makan. Tetapi jika nafsu makan telah normal, pertahankan pasokan zat gizi yang telah diasup dan hentikan pemberian suplemen.

Dalam hal ini ada dua bentuk vitamin yang ada , yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam minyak. Jika vitamin yang larut dalam air tidak masalah karena kelebihannya akan keluar lewat urine, tapi vitamin yang larut dalam minyak kelebihannya akan disimpan dalam bentuk lemak. Bila itu terus menerus terjadi maka sisa vitamin akan menumpuk dan bisa mengakibatkan keracunan.

Vitamin juga merupakan antioksidan yang sangat berperan penting untuk menumpas radikal bebas yang bisa menyebabkan tubuh terkena infeksi. Sebagai antioksidan vitamin bekerja dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan segala kegunaannya tak heran jika vitamin disebut dengan zat pengatur dan pelindung

Oleh sebab itu jaga asupan vitamin secukupnya agar supaya tetap sehat. Jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta ikuti pola hidup sehat agar terhindar dari segala macam penyakit. "BE HEALTHY BE HAPPY"




Tambahkan Komentar Sembunyikan