PENGERTIAN DAN AKIBAT DARI DISLEKSIA

Pengertian DISLEKSIA dan akibat dari disleksia. Kata DISLEKSIA berasal dari bahasa yunani yaitu, Dys yang artinya sulit, dan Lex yang berasal dari kata legein yang artinya berbicara. jadi anak yang menderita disleksia biasanya kurangnya kemampuan untuk menghubungkan kata atau simbol-simbol tulisan.

Secara umum disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melukukan aktivitas membaca dan menulis. Biasanya pada anak disleksia ada tiga tanda pokok yang perlu diamati yang bisa menjadi acuan apakah anak itu mengalami disleksia atau tidak, diantaranya :
1. Tidak bisa membedakan huruf  ( susah membedakan huruf yang mirip, contoh: huruf b dan huruf d )
2. Tidak bisa mengeja ( biasanya mereka membaca secara terbalik, contoh: ubi dibaca ibu )
3. Tidak paham tentang bacaan ( mereka tidak mampu menjelaskan yang mereka baca, akibatnya mereka susah konsentrasi maka mereka lebih suka bermain dan sering mengganngu temannya. 

Kadang karena pemahaman orang yang sedikit tentang disleksia, orang akan menilai anak disleksia seperti anak keterbelakangan mental, padahal sebenarnya justru mereka anak yang cerdas pada kemampuan lainnya. Misalnya kemampuan bersosialisasi dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Karena disleksia sendiri tidak disebabkanoleh tingkat kecerdasan anak yang rendah. Cuma mereka dalam membaca dan menulis dibawah anak-anak pada umumnya.

PENYEBAB ANAK DISLEKSIA TIDAK BISA MENGEJA
Penyebab anak disleksia tidak bisa mengeja yaitu karena mereka menggunakan otak kanan untuk menbaca dan mengeja. Yang seharusnya mereka menggunakan otak bagian kiri. Karena memang funsi otak kanan dengan otak kiri sangatlah berbeda. untuk lebih jelas berikut ini fungsi dari kedua bagian otak tersebut :
** Otak bagian kiri bisa mencocokkan bentuk huruf dalam satu kata saat dibaca, menangani informasi ke otak dan  melafalkan satu persatu,Membedakan huruf satu dengan lainya dan bisa mengerti tatabahasa.
** Otak bagian kanan tidak bisa mengerti bagaimana membedakan huruf dan mengucapkannya. Karena otak kanan membaca huruf yang terlihat menjadi bentuk lain.

Yang perlu diketahui adalah tidak semua penyebab anak kesulitan membaca adalah disleksia. Karena pada usia 4 -5 thn wajar kalau anak kesulitan membaca.Yang perlu diwaspadai adalah pada anak yang sudah masuk SD tetapi belum bisa membaca hal itu perlu dipertanyakan, anak itu  termasuk disleksia atau bukan????? 







 

Tambahkan Komentar Sembunyikan