Pengertian Asma dan Cara Mencegah Asma

Pengertian Asma dan Cara Mencegah Asma. Asma adalah keadaan saluran nafas yang mengalami asma penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan. Asma terjadi akibat adanya peradangan pada saluran pernafasan. Gejala yang timbul akibat serangan asma biasanya berupa, batuk, nafas berdenging, hingga kesulitan nafas ringan hingga berat. Pada serangan asma berat biasanya penderita menjadi sulit bicara karena sesaknya sangat hebat juga disertai turunnya kesadaran serta kulit tampak kebiruan. Meskipun begitu biasanya penderita akan sembuh sempurna.

 

Ada dua macam asma dalam dunia medis, yaitu asma ekstrinsik dan asma intrinsik. Pada asma ekstrinsik serangan asma disebabkan oleh alergi yang berasal dari luar ( alergan ). Contohnya, debu, serbuk bunga, jamur, bulu binatang, asap dan udara dingin serta olahraga yang terlalu berat. Sedangkan asma intrinsik berasal dari virus, stres atau kondisi emosional yang kurang terkontrol. Oleh sebab itu penanganan keduanya juga berbeda. Pada penderita asma ekstrinsik , penderita cukup dijauhkan dari penyebab asma itu sendiri. Sementara pada asma intrinsik perlu penanganan lebih serius atau dengan pertolongan medis yaitu menggunakan obat-obatan.

 

Cara mencegah agar asma tidak terlalu sering kambuh, yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Karena makanan ini diduga dapat menurunkan sensitivitas alergen pada penderita asma. Menurut rekomendasi Dietary Guidelines for Americans tahun 1995 menganjurkan supaya penderita asma lebih banyak menyantap omega 3, ketimbang omega 6. Jadi ikan-ikan pada laut dalam seperti salmon dan tuna sangat dianjurkan karena banyak mengandung omega 3.

 

Selain itu magnesium juga bagus dikonsumsi bagi penderita asma, karena magnesium memiliki kemampuan merelaksasi otot polos pada tubuh manusia, salah satunya otot polos pada saluran pernafasan. Magnesium bekerja berbanding terbalik dengan sodium ( meningkatkan sensitivitas alergen ). Oleh sebab itu dianjurkan bagi penderita asma agar mengurangi makanan yang mengandung sodium atau garam atau hindari makanan yang asin-asin.

 

Magnesium terdapat pada sayuran yang berwarna hijau gelap, misalnya sawi dan bayam. Jadi kombinasi makanan omega 3 dan magnesium atau sayuran dan ikan tuna ataupun salmon menjadi salah satu cara mencegah serangan asma yang sangat efektif. Yang terpenting jaga kesehatan dengan cara menghindari penyebab asma itu sendiri dan biasakan untuk hidup sehat. Bukankan mencegah lebih baik dari mengobati??? Semoga bermanfaat.

Tambahkan Komentar Sembunyikan