Manfaat dan Khasiat Labu Siam

Manfaat dan khasiat  labu siam. Sayuran ini bentuknya lonjong, daunnya berbentuk seperti jantung dan pohonnya labu merambat. Labu siam memang kalah pamor dengan yang namanya brokoli, wortel dan lain-lainnya. Tapi jangan salah, meskipun harganya relatif murah dibanding sayuran lainnya ternyata labu siam juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat yang tak kalah dengan sayuran yang harganya lebih mahal dari labu siam itu sendiri.

Rahasia dibalik buah labu siam itu sungguh menyimpan khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, yaitu diantaranya :
- Mengobati asam urat, air labu siam memiliki efek diuretic yang baik sehingga bisa melancarkan buang air kecil. Dengan begitu kelebihan asam urat bisa segera dikeluarkan dari dalam tubuh.
- Mengurangi resiko kanker, labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1.7 gr per 100 gr. konsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat mengatasi sembelit dan lambung yang sensitif. Serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik ( zat penyebab kanker ). Dan zat itu membuat sisa makanan tidak betah berlama-lama dalam tubuh oleh sebab itu maka peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.
- Bermanfaat bagi ibu hamil, ini karena labu siam mempunyai kandungan asam folat yang baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Sedangkan asam folat sangat penting untuk ibu hamil karena bisa mengurangi resiko kelahiran bayi cacat. Biasanya kurangnya asam folat pada ibu hamil ditandai dengan anemia ( kurangnya sel darah merah ).
- Menurunkan kolesterol,  labu siam mengandung niasin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang biasa disebut dengan vitamin B3 yang berfungsi menurunkan VLDL ( very low density lipoprotein ) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol akan menurun.
- Mengendalikan tekanan darah, labu siam juga mengandung kalium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. kalium juga bermanfaat memicu kerja otot dan simpul saraf, memperlancar pengiriman oksigen ke otak seta membantu memperlancar keseimbangan cairan sehingga tubuh menjadi lebih segar.
- Menurunkan darah tinggi, labu siam memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan kadar garam didalam darah melalui pembuangan lewat air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap dan menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

Selain manfaat diatas labu siam juga juga baik bagi penderita diabetes karena labu siam mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga penderita diabetes tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan pokok secara berlebih. Labu siam juga mengandung selenium, selenium sendiri punya peran penting untuk memperbaiki mood. Oleh sebab itu jika anda merasa bad mood segera konsumsi labu siam, Labu siam memang murah tapi g murahan kok…!! Buktinya dia mempunyai segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan kita.  

Tambahkan Komentar Sembunyikan