Manfaat dan Khasiat Kunyit Bagi Wanita

Manfaat dan Khasiat Kunyit Bagi Wanita. Kunyit termasuk tanaman multiguna. Ibu-ibu rumah tangga biasa kunyit menggunakannya sebagai bumbu dapur. Selain itu kunyit juga sebagai bahan baku obat-obatan tradisional. Kunyit memiliki zat warna kuning yaitu KURKUMIN yang dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami.

Sebenarnya kunyit mempunyai puluhan manfaat dan khasiat untuk pengobatan tradional. Namun ada beberapa khasiat yang sangat bermanfaat bagi wanita, yaitu :

>> Mengobati Haid yang tidak lancar

Untuk memperlancar haid. Caranya, siapkan 2 batang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2  sdt biji pala, dan 1/2 genggam daun sri gading. Semua bahan ditumbuk halus kemudian dimasak dengan 1 liter air rebus sampai mendidih. Angkat dan saring kemudian di minum segelas dalam satu hari.

>> Merawat kulit tubuh

Kunyit bisa dibuat lulur untuk merawat tubuh. Caranya, sediakan kunyit secukupnya, kupas kulitnya dan cuci bersih. Parut kunyit lalu campur dengan air, biarkan mengendap. Siapkan pati beras kemudian campur dengan sari pati dari endapan kunyit tadi. Lalu dioleskan ke seluruh tubuh secara merata. Sebaiknya lulur ini di lakukan menjelang tidur agar lebih menyerap ke kulit dan di bersihkan esok hari pada waktu mandi.

>> Menghilangkan ketombe

Kunyit juga bisa merawat rambut yaitu bisa menghilangkan ketombe. Ketombe sendiri berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Dan bila ketombe muncul akan terasa gatal. untuk mengatasinya, ambil kunyit cuci bersih dan tumbuk. Kemudian ambil sarinya dan gosokkan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga meresap, lalu cuci rambut hingga bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan berkali-kali hingga ketombe hilang.

>> Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat. caranya adalah: ambil kunyit sebesar ibu jari, kupas lalu cuci. Kemudian potong tipis-tipis dan seduh dengan air hangat tambahkan gula, aduk. Agar jerawat cepat hilang minum seduhan kunyit dengan makan tapai singkong. lakukan secara rutin agar jerawat cepat hilang. 

Tambahkan Komentar Sembunyikan