Manfaat dan khasiat Beluntas bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Beluntas bagi kesehatan. Beluntas, jadi pagar oke dimakanpun sehat. Beluntas yang beluntas dalam bahasa latin disebut Pluchea Indica (l) Lee adalah sejenis tanaman liar di tanah dengan kelembapan tinggi yang mempunyai aroma khas. Mungkin sekarang tanaman ini sudah jarang kita dengar, tapi sebenarnya bentuk tanaman ini tak seasing namanya. Coba perhatikan tanaman pagar disekeliling anda mungkin salah satunya terdapat tanaman beluntas ini.

 

Daun beluntas mempunyai beberapa manfaat dan khasiat. Salah satunya sebagai antibakteri, dengan kita menyantapnya bisa membebaskan anda dari keracunan makanan yang disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Selain itu daun beluntas juga merupakan antioksidan alami yang dapat menggantikan kedudukan TBHQ da beta karoten sebagai antioksidan. Biasanya orang jawa mengolahnya menjadi botok, yaitu olahan beluntas tadi dicampur dengan kelapa dan bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang.

 

Ada beberapa ramuan dari daun beluntas sebagai waarisan nenek moyang kita. Berikut beberapa resep tridisional yang mungkin bisa bermanfaat buat anda, yaitu :

>> Bau badan dan bau mulut

Ambil beberapa helai daun beluntas muda, lalu kukus. Kemudian dimakan sebagai lalap dan di ulang secara terus menerus hingga bau badan dan bau mulut hilang.

>> Demam

Siapkan 15 helai daun beluntas, lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah agak dingin kemudian di saring dan diminum sekaligus 1x sehari.

>> Keputihan

Siapkan 20 helai daun beluntas dan 1 akar tapak liman. Kedua bahan tersebut direbus hingga air nya tinggal setengah. kemudian setelah dingin diminum sekaligus 1x sehari.

>> Nyeri haid

Sedikan 20 helai daun beluntas cuci bersih, lalu diremas-remas sampai hancur dan diseduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam lalu disaring dan diminum selagi hangat. Sebaiknya diminum 2x sehari.

>> Nyeri pinggang dan pinggul

Siapkan 1 akar beluntas, 1 ibu jari kencur, 1 ibu jari temulawak, 1 ibu jari kunyit. Semua bahan direbus jadi satu dengan segelas air himgga tinggal setengah, lalu diminum 1x sehari.

>> Pegal – Linu

Ambil beberapa daun beluntas diseduh dengan air panas, lalu diminum 2x sehari.

>> Rematik

Sediakan 1 akar beluntas direbus dengan segelas air lalu disaring dan diminum sekaligus.

>> Sakit perut

siapkan 20 helai daun beluntas cuci bersih lalu remas-remas sampai hancur. Seduh dengan air panas sambil diberi asam jawa dan garam lalu disaring. Minumlah selagi hangat. Ramuan ini diminum 2x sehari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

;  

Tambahkan Komentar Sembunyikan