APABILA PHK DATANG MELANDA !!!

JIKA PHK MENGHAMPIRIMU !!! 
Setiap orang pasti akan merasa stress jika tiba-tiba harus kehilangan pekerjaannya. Apalagi bila hal itu terjadi pada sebuah keluarga yang hanya mempunyai satu sumber penghasilan. Misalnya hanya suami saja yang bekerja. Tapi kehilangan pekerjaan alias di PHK bukanlah ahir dari segalanya. Karena hidup akan terus berjalan dan roda akan terus berputar.

Karena hidup terus berjalan maka anda harus keluar dari keadaan itu. Ada 2 macam hal yang harus anda lakukan yaitu,
# Mengatasi goncangan emosi
Hal ini sangat penting dilakukan karena bila terjadi stress yang berlebihan maka akan fatal akibatnya. oleh karena itu peranan keluarga sangat penting untuk memberikan motivasi dan semangat untuk bangkit lagi agar bisa bangkit lagi.
# Mencari penghasilan baru
Setelah menata hati mengatasi goncangan emosi selanjutnya adalah bagaimana caranya mencari penghasilan baru. Karena jika hanya menyesali keadaan kita tidak akan bisa berpikir positif. Akibatnya kita hanya meratapi apa yang telah terjadi tanpa tahu harus berbuat apa??? fatalnya lagi bila hal ini memicu pecahnya pertengkaran dalam rumah tangga.

Ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya hal-hal diatas contohnya berikut ini :
1. Kontrol perasaan sendiri
 Bagi anda yang terkena phk harus bisa mengatasi perasan sendiri. Memang tidak semudah mengatakan tapi
hal itu harus dilakukan, karena jika tidak pasti tidak akan bisa menyelesaikan masalah.
2. Pasangan harus mendukung
Dalam hal ini jika suami yang di-PHK maka istri harus mendukung yaitu dengan cara :
- Berikan waktu pada suami untuk sendiri dan jangan terlalu banyak bertanya, sebelum suami mau bercerita kepada anda tentang apa yang terjadi.
- Jika suami sudah membuka diri, istri harus memberikan dukungan dan motivasi. jangan malah membuat kacau dengan terus mengomel atau kebingungan karena sudah tidak ada lagi sumber penghasilan keluarga.
- jangan lupa juga memberi pengertian kepada anak-anak. Dengan begitu anak bisa menerima kenyataan 
kalau ayahnya tidak bekerja lagi.
- Beri dukungan, motivasi dan semngat untuk kembali bangkit lagi. Hal ini sangat diperlukan karena saat seperti itu suami merasa harga dirinya turun. sehingga besar artinya dukungan dari seorang istri dan keluarga.
3. Mencari celah/kesempatan
Maksudnya adalah setelah di-PHK hendaknya anda mengkaji ulang potensi-potensi apa yang anda miliki.
Kemudian bicarakan bersama istri untuk mencari solusinya. Kalau memang tidak memungkinkan untuk melamar kerja lagi karena faktor usia, sebaiknya berwiraswasta tapi harus sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri anda, mungkin dengan menambah kursus untuk menunjang usaha anda. Hal ini harus dilakukan agar usaha anda tidak asal-asalan saja. karena akibatnya malah akan membuat ekonomi anda menjadi terpuruk. kalau perlu lakukan survey pasar apa mungkin akan membantu anda untuk memilih usaha apa yang sebaiknya anda lakukan.

Demikian beberapa tips jika tiba-tiba PHK menghampiri keluarga anda khususnya suami anda. Karena bagaimanapun hidup harus tetap berjalan bagaimanapun caranya. Oleh karena itu ayo bangkit jangan menyerah karena dunia tak selebar daun kelor. "THE SHOW MUST GO ON !!!!







Tambahkan Komentar Sembunyikan